100 Peserta Ikuti Dialog Interaktif Bela Negara

LIWA – Asisten I Bidang Pemerintahan Pemkab Lampung Barat (Lambar) Adi Utama membuka dialog interaktif peningkatan kesadaran bela negara di Ruang Rapat Kenghatun BPKAD, Selasa (28/11). Kegiatan itu diikuti 100 peserta.

“Situasi global yang begitu cepat. Bangsa Indonesia harus semakin siap mematangkan kualitas sumberdaya manusianya agar tidak larut dalam gelombang perubahan globalisasi,” kata Adi Utama, pada kegiatan yang diselenggarakan Kesbangpol Lambar itu

Baca Juga:  Pekan Literasi Lampung Barat Digelar

Kemudian pembelaan negara atau bela negara adalah tekad, sikap dan tindakan warga negara yang teratur, menyeluruh, terpadu dan berlanjut dengan dilandasi oleh kecintaan pada tanah air serta kesadaran hidup berbangsa dan bernegara, dengan berkeyakinan pada pancasila sebagai dasar negara serta berpijak pada UU 1945 sebagai konstitusi negara.

Kepala Kesbangpol Lambar Raswan mengatakan tardapat 100 peserta yang terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh pemuda, ormas, LSM, pelajar tersebut. “Mereka perwakilan dari 15 kecamatan,” kata dia.

Baca Juga:  Hari Otda 2018, Lampung Barat Nilai Tertinggi Penyelenggaraan Pemerintahan

Rtujuan kegiatan untuk mensosialisasikan peningkatan kesadaran bela negara dan ciptakan kader bela negara yang berwawasan, berintelektual dan berakhlak mulia.

Suatu masyarakat yang mempunyai monopoli dalam penggunaan kekerasan fisik secara sah dalam suatu negara, suatu daerah teritotial yang rakyatnya diperintah oleh sejumlah pejabat dan yang berhasil menuntut dari warga negaranya ketaatan pada peraturan perundang-undangan melalui penguasaan monopollitis dari kekuasaan yang sah.

Baca Juga:  Hakim Masuk Angin, Granat Dorong Komisi Yudisial Turun Tangan

Diharapkan para peserta mampu memperkuat jiwa nasionalisme, patriotisme serta adanya kesadaran berperan aktif dalam upaya pembelaan terhadap negara serta siap dan tanggap menghadapi bencana.(FB)

319 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Bela Negara Dialog Interaktif Lampung Barat

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan