3 Bersaudara Lamsel Namanya  Republik – Indonesia – Merdeka

Foto: Tommy

KALIANDA – Dalam memberi nama seorang anak, kebanyakan orang Indonesia mengambil istilah dari bahasa asing. Namun di Lampung, satu keluarga memberi nama ketiga orang anaknya  dengan nama Republik, Indonesia, dan Merdeka.

Meskipun unik dan kerap mengalami hal lucu, ketiganya bangga dengan nama pemberian orang tuanya ini.

Sudah seminggu ini, Indonesia Maya Alysiana pulang terlambat. Remaja berusia 14 tahun ini harus berlatih sebagai anggota Paskibraka di sekolahnya untuk persiapan upacara HUT RI ke-74.

Nama pelajar kelas 3 MTS Assyifa, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung, ini memang unik. Selain Indonesia, kedua adiknya juga diberi nama tidak kalah unik yakni Merdeka Oktrinaya Husna dan Republik Ilham Samudera.

Saat ini merdeka berusia 8 delapan tahun, sedangkan Republik berumur 9 bulan. Ketiganya anak dari pasangan Asep Sutiyo dan Sri Rundayani.

Dengan nama uniknya ini, Indonesia tidak merasa terganggu. Warga Desa Karang Sari, Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan, justru malah bangga.

Nama anak-anak Asep Sutiyo yang unik ini membuat mereka sering mengalami hal lucu terutama saat perkenalkan di awal masuk sekolah. Seperti merdeka yang saat ini duduk di kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah  Nurul Islam, Karang Sari.

“Saat pertama kali mengikuti upacara bendera di sekolahnya, Merdeka sempat akan maju ke depan karena mengira dirinya dipanggil oleh satu sekolah. Padahal ketika itu, peserta upacara sedang menyanyikan lagu Indonesia Raya yang diliriknya terdapat kata Merdeka,” cerita Asep Sutiyo, dikediamannya, Jumat (16/8).

Pemberian nama unik ini sebagai bentuk kecintaan Asep terhadap bangsa Indonesia.

Awalnya, pria berusia 50 tahun ini merantau ke Jakarta pada tahun 1999. Saat itu, Asep sedih melihat kondisi Jakarta pasca kerusuhan tahun 1998. Sejak itu, Asep berkeinginan memberi nama anak-anaknya dengan nama yang membangkitkan semangat kebangsaan.(TS)

Posting Terkait