34.295 Surat Suara Rusak

Pelipatan surat suara pemilu di gudang logistik KPU Kota Bandar Lampung, di Way Hui, Lampung Selatan.

BANDAR LAMPUNG – Komisioner KPU Provinsi Lampung, Divisi Logistik, Erwan Bustami, memantau secara langsung penyortiran dan pelipatan surat suara pemilu di Gudang Logistik KPU Kota Bandar Lampung yang berada di Way Hui, Lampung Selatan, Selasa (12/3).

Baca Juga:  Ratusan Warga Lipat Surat Suara Pemilu

Sortir dan lipat surat suara di Gudang KPU Kota Bandar Lampung, hingga hari ini telah memasuki hari ke-enam. Diketahui, sejumlah surat suara ditemukan rusak karena warna buram, kertas melebihi ukuran, hingga bernoda.

Menurut Erwan, dari 12 kabupaten kota yang telah selesai melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara, baru 7 KPU kabupaten kota yang menyampaikan berita acara resmi.

Baca Juga:  Fauzi Heri Pantau Pelipatan Surat Suara

“Sementara KPU Lampung Selatan, Pringsewu, dan KPU Kota Bandar Lampung, masih dalam proses pelipatan dan sortir kembali,” papar Erwan.

Berdasarkan berita acara resmi dari 7 KPU kabupaten kota, ditemukan 34.295 surat suara yang rusak.

Surat suara yang rusak bersama surat suara yang lebih dari kabupaten kota ini rencananya akan dimusnahkan dengan dibakar setelah distribusi logistik ke seluruh TPS.

Baca Juga:  KPU Bandar Lampung Selesaikan Pelipatan Surat Suara

“Minimal H-1 sebelum pencoblosan 17 April dengan disaksikan pihak KPU bersama Bawaslu dan kepolisian,” jelasnya.

Sementara itu, kelebihan surat suara menurut Erwan, belum dapat difinalisasi oleh KPU. Pasalnya, surat suara yang didistribusikan oleh Aksara Grafika Pratama Jakarta masih berdasarkan daftar pemilih tetap plus 2%.

“KPU provinsi akan meminta penambahan jumlah surat suara setelah proses sortir dan lipat selesai,” harap Erwan. (*)

Surat Suara

Posting Terkait