4 Mahasiswa Tiongkok Kunjungi Pariwisata Lampung

Ilustrasi. (Ist)

BANDARLAMPUNG – Empat mahasiswa asal Nantong Vocational University (NTVU) Tiongkok, mengikuti program pertukaran mahasiswa di Kampus Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya, BandarLampung, dari 23 Mei hingga 5 Juni 2017.

Keempat mahasiswa tersebut yakni Chen Mingming, Liu Jinniu, Zhong Da, dan Song Guihua, yang merupakan mahasiswa semester IV di Jurusan School of Electronic Engineering (SEE) NTVU.

Selain mahasiswa, turut serta dalam program tersebut dua dosen yang juga berasal dari Negeri Tirai Bambu, yakni Pan Xiaomei dari School of International and Education Cooperation (SIEC) dan Tian Yuan dari School of Electronic Engineering (SEE) NTVU.

Perwakilan dosen, Pan Xiaomei, mengatakan, selama dua minggu di Darmajaya, keempat mahasiswa NTVU akan belajar tentang programming dan database di Laboratorium Career and Training Centre Darmajaya.

Dia mengaku, akan mengajar bahasa Mandarin kepada mahasiswa Darmajaya dan rekan dosen Tian Yuan akan mengajar tentang story board animation kepada asisten laboratorium.

Sementara itu, Kepala Kantor Urusan Internasional (KUHI) Darmajaya Rahmalia Syahputri, mengatakan, pelatihan programming dan database akan diberi materi kepada mahasiswa asal Tiongkok oleh tim dari instruktur Training Center Darmajaya.

“Di akhir pelatihan, para mahasiswa NTVU akan mengikuti ujian dan mendapatkan sertifikat programming dan database dari Training Center Darmajaya yang berlaku secara internasional,” tukasnya, Senin (29/5).

Rahmalia melanjutkan, tidak hanya saling berbagi pengetahuan di bidang akademik, melalui Exchange Programe, mahasiswa dan dosen NTVU akan belajar Bahasa Indonesia serta saling mempertunjukkan kebudayaan nasional masing-masing negara, dalam perayaan 1 tahun Pusat Bahasa dan Kebudayaan Darmajaya-NTVU Chinese Centre yang akan datang.

Selain itu, mereka juga akan diajak melakukan kunjungan ke Taman Nasional Way Kambas dan Pulau Pahawang untuk melihat indahnya pesona pariwisata di Provinsi Lampung serta mengunjungi salah satu industri nanas di Lampung yang sudah menembus pasa ekspor dunia.(ZN)

Posting Terkait