5 Investor Minati Peternakan Sapi

JAKARTA—Pemerintah menyatakan, lima investor tertarik berinvestasi di peternakan sapi dan tiga investor tertarik berinvestasi di komoditas jagung.

“Pemerintah tengah mendorong dan mempercepat investasi pembangunan industri jagung dan sapi,” kata Kepala Satuan Tugas Kemudahan Berusaha sekaligus Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian (Kemtan) Syukur Iwantoro.

Menurut Syukur, pemerintah memang tengah mendorong investasi untuk komoditas-komoditas yang produksinya masih kurang dan kebutuhan dalam negeri masih harus dipenuhi lewat impor.

“Sapi masih impor, jagung memang tidak impor, tetapi kan kebutuhannya tinggi. Ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, dan diharapkan bisa ekspor,” jelas Syukur.

Syukur mengatakan, dengan adanya investasi ini, diperkirakan akan ada tambahan produksi daging sapi sebanyak 128.000 ton atau setara dengan 237.000 ekor sapi. Produksi jagung pun diperkirakan akan bertambah sebanyak 64.000 ton.

Kemtan memperkirakan, investasi di peternakan sapi ini akan mempu menyerap tenga kerja langsung sebanyak 1.200 orang dan tenaga kerja tidak langsung sebanyak 2.400 orang. Sementara, tenaga kerja langsug yang terserap dengan adanya investasi di komoditas jagung sebanyak 12.000 orang dan tenaga kerja langsung sebanyak 36.000 orang.

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan