57 Kampung di Way Kanan Terima Pencairan DD Tahap Awal

Way Kanan-Pemerintah Pusat baru mengakomodir 57 Kampung terkait pencairan dana desa tahap awal, dari 81 pengajuan di Kabupaten Way Kanan

 

“Sampai hari ini, kalau yang mengajukan itu sudah ada 81 Kampung, tapi yang baru dikirim oleh Pemerintah Pusat baru 57 Kampung dan itu dananya langsung masuk ke rekening Kampung masing-masing, sisanya sedang proses,” ujar Ixuan Ahmadi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (PMK) saat di wawancarai di ruang kerjanya, Senin (30/3).

Ixuan menjelaskan, ada beberapa tahapan proses pengajuan pencairan Dana Desa. Yaitu proses dari Kecamatan naik ke Inspektorat, setelah mendapat Rekomendasi dari Inspektorat lalu di proses ke Dinas PMK, dari Dinas PMK di serahkan ke BPKAD setelah itu baru di ajukan oleh BPKAD ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) di Kota Bumi.

“Proses untuk pengajuan Dana Desa ini cukup panjang banyak poin poin yang harus di penuhi. Tapi selagi Kampung itu tidak bermasalah atau tidak ada kendala maka proses pencairan cukup cepat. Target kita pertengahan bulan April ini semuanya selesai pencairan untuk Tahap awal 40%, tapi itu target,” jelasnya

Selain itu beliau juga menyikapi penyebaran Covid-19 di Indonesia, Pemerintah Pusat menyarankan bahwa Dana Desa Boleh di gunakan untuk penanganan pencegahan Virus Corona.

Ia membenarkan jika Dana Desa boleh di gunakan untuk Penanganan Covid-19. Bahkan pihaknya telah memberikan surat edaran melalui Kecamatan perihal Dana Desa boleh di pergunakan untuk pencegahan Covid-19.

“Terkait dengan itu, kita sebelumnya sudah memberikan surat edaran melalui camat agar di teruskan ke Kepala Kampung,” ujar Ixuan.

Apabila memang di anggap penting atau perlu Kampung tersebut harus melakukan pencegahan Covid-19, seperti melakukan penyemprotan disinfektan dan membeli peralatan untuk pencegahan, maka Pemerintah Kampung harus melakukan perubahan penyesuaian Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung (APBKAM).

“Kalau memang situasi mendesak dan memang di anggap perlu maka Dana Desa boleh di gunakan. Ini kan Bencana Global jelas bisa. Dengan catatan Kampung harus melakukan pengusulan penyesuaian Perubahan APBKAM. Sekarang kan ada beberapa Kampung sudah Cair Dana Desanya 40%, itu boleh tinggal rubah saja APBKAM nya. Nggak mesti nunggu pencairan tahap kedua nanti,” pungkasnya. (Chaikal)

Posting Terkait