8 Hal ini Bisa Jadi Penyebab Si Kecil Tak Mau Makan

Foto: Ilustrasi. (Istimewa)

Sama seperti orang dewasa, ada kalanya anak tak selera dengan rasa dan tampilan makanan.

Karena hal tertentu, bisa jadi si kecil menolak untuk makan.

Bagi si kecil yang pemilih, tentu orang tua akan lebih sulit memberikan makanan. Ada banyak alasan si kecil menolaknya, misalnya saja jam makan yang tak teratur, kurangnya aktifitas fisik dan pemberian makanan ringan setengah jam sebelum waktu makan juga bisa mengurangi nafsu makan anak.

Dikutip dalam NDTV dan dilansir dari detikfood, ada beberapa alasan kuat mengapa si kecil sering kali menolak makan.

1. Tingkat sensitifitas tinggi

Beberapa anak terlahir dengan lebih banyak kepekaan citarasa di permukaan lidah mereka. Hal ini membuat mereka sangat peka terhadap rasa dan menolak untuk menikmati makanan yang rasanya tak terlalu enak. Untuk anak seperti ini, Anda harus ketahui benar-benar makanan kesukaannya.

Baca Juga:  Rayakan Hari Anak, Toyota Gelar Kontes Gambar Mobil Impian

2. Anak mudah terdistraksi

Menonton TV atau video di smartphone jadi salah satu hobi anak-anak jaman sekarang. Jika hal ini sedang dilakukan, maka si kecil akan enggan mencoba makanan yang disajikan orang tua. Sebaiknya, ketika makan biasakan si kecil untuk makan bersama di meja makan. Dengan cara ini si kecil bisa lebih menghargai dan menikmati makanan.

3. Buang air besar tak teratur

Perut yang tak enak bisa membuat si kecil menolak makanan. Jika anak Anda mengalami buang air besar secara tak teratur, ini bisa sebabkan perut begah dan tak selera makan. Hubungan antara keinginan makan dan kebiasaan makan bisa sangat erat. Jika hal ini terjadi periksakan keadaan si kecil ke dokter dan pastikan selalu konsumsi sayur, buah dan air mineral dengan porsi cukup agar pencernaan lancar.

Baca Juga:  Sesekali Bebaskan Anak Membuat Keputusan

4. Terlalu banyak pilihan

Jika Anda memberikan variasi makanan yang sangat banyak, si kecil akan bingung untuk memilih dan akhirnya menolak makan. Berikan ia pilihan karbohidrat seperti nasi atau roti dan nikmati dengan sayuran dalam kreasi menarik dan rasa yang enak.

5. Masalah kesehatan

Jika si kecil baru saja pulih dari sakit, kemungkinan makanan yang dirasakan akan hambar. Dalam kasus ini, penting untuk memberikan waktu si kecil waktu pulih dan mencicip makanan secara normal kembali. Memaksa si kecil makan dalam hal ini akan berdampak negatif.

6. Tak suka tekstur makanan

Hal-hal kecil sangat penting bagi anak-anak. Ada banyak anak yang sangat rewel ketika ia tak suka dengan tekstur makanan. Jika anak menyukai nasi agak lembut pastikan untuk menyiapkan makanan tersebut. Karena jika Anda menyiapkan dengan tekstur yang berbeda, mereka akan menolak makan.

Baca Juga:  Pendidikan Karakter pada Anak Harus Dimulai Sejak Dini

7. Alergi makanan

Alergi makanan tertentu dapat mencegah anak-anak makan makanan jenis tertentu. Anak Anda mungkin memiliki alergi tanpa Anda sadari. Jika anak Anda secara konsisten menolak jenis makanan, cobalah untuk mencari tahu apakah dia alergi terhadap makanan tersebut atau tidak.

8. Lingkungan rumah

Apakah Anda memberikan makanan terpisah untuk anak Anda sementara anggora keluarga memiliki makanan lain? Kemungkinan adalah anak Anda telah bosan dengan “makanan bayi” yang Anda biasa berikan. Cobalah untuk mengenalkan si kecil dengan makanan keluarga. Jika si kecil tak suka pedas, cobalah membuat masakan teprisah antara yang pedas dan tidak.

(Net/Hp)

Anak

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan