Adipati Bina Organisasi Masyarakat Pedesaan

BLAMBANGANUMPU – Bupati Waykanan Raden Adipati Surya membuka Pembinaan Lembaga dan Organisasi Masyarakat Pedesaan bagi Ketua TP PKK Kecamatan dan Ketua TP PKK Keluarahan/Kampung di GSG Pemkab setempat, Rabu (1/8/2018).

“Tingkat keberhasilan dari program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah akan sangat ditunjang oleh adanya jalinan kerjasama yang harmonis dan keterpaduan gerak antara unsur-unsur di tingkat kabupaten, kecamatan dan Kampung/Kelurahan di era demokrasi dan otonomi daerah yang sedang berlangsung saat ini,” ujar bupati, yang menjadi alumni kehormatan IPDN Jatinangor, Jawa Barat itu.

Sejalan dengan perkembangan sistem politik, pemerintahan dan fenomena sosial yang terjadi maka eksistensi gerakan PKK tidak diragukan lagi kontribusinya dalam membantu pemerintahan dalam pelaksanaan pembangunan melalui Tim Penggerak PKK sebagai motor penggerak.

PKK sebagai suatu gerakan sekaligus pilar keluarga dalam meningkatkan kesejahteraan, harus mampu menciptakan perubahan yang mengarah pada tata pemerintahan yang adaptif dan responsif terhadap tuntunan dan kebutuhan masyarakat.

Gerakan PKK sebagai mitra pemerintah selama ini telah cukup banyak berbuat serta diakui peran serta dan keberhasilannya dalam mendukung proses pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah.

Untuk itu, selaku Dewan Pembina TP PKK, bupati memiliki kompetensi, kepentingan dan perhatian yang sangat besar dalam memfasilitasi dan mendorong Gerakan PKK agar dapat terus tumbuh dan berkembangn serta mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sesuai dengan misi utamanya yaitu bersama Pemerintah mensukseskan program-program pembangunan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat.

Bupati peraih penghargaan Top Regent dari Seven Media itu juga berharap agar PKK dapat terus melahirkan ide atau pemikiran yang kreatif dan membangun antara lain melalui pemberdayaan masyarakat.

Sehingga, dapat memberikan peningkatan terhadap ekonomi keluarga, peningkatan kesejahteraan keluarga, sehingga keluarga-keluarga di Waykanan menjadi lebih mampu, maju, dan mandiri.

Keberadaan peran serta dan tanggung jawab kelembagaan PKK sungguh sangat dibutuhkan saat ini, ketika pemerintah dihadapkan pada dinamika masalah dan kebutuhan masyarakat yang harus diatasi dan dipenuhi secara simultan dan sistematis.

Karena itu diharapkan, dimasa yang akan datang Gerakan PKK dapat meningkatkan perannya dalam pembangunan dan berhasil dalam memposisikan dirinya sebagai mitra kerja pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat.

Selanjutnya, melalui Pembinaan Lembaga dan Organisasi Masyarakat Pedesaan diharapkan agar Tim Penggerak PKK kabupaten bersama-sama dengan Tim Penggerak PKK Kecamatan, Kelurahan dan Kampung, semakin mempererat harmonisasi dalam menjalin kerjasama, menyamakan persepsi dan misi dalam mewujudkan 10 Program Pokok PKK, sehingga dapat memberikan kontribusi dalam melakukan perubahan kepada masyarakat ke arah yang lebih baik.

“Pada kesempatan ini juga saya mengajak semua pihak untuk bekerja sama dalam pelaksanaan pembangunan yang sedang kita lakukan untuk kesejahteraan masyarkat dan mewujudkan Way Kanan Maju dan Berdaya Saing. Saya juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran PKK, baik tingkat Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan dan Kampung, beserta para kader PKK yang telah dengan semangat kerelawanan mendharma bhaktikan diri untuk kesejahteraan keluarga dan masyarakat Way Kanan”, tutup Bupati Raden Adipati Surya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Waykanan Ixuan Ahmadi mengatakan bahwa pada kegiatan tersebut diikuti oleh 301 peserta yang terdiri dari 60 orang TP PKK Kabupaten, 14 orang TP PKK Kecamatan, enam orang TP PKK Kelurahan dan 221 orang TP PKK Kampung

“Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program atau kegiatan PKK 2016/2017, persamaan visi dan misi TP PKK Waykanan sekaligus sinkronisasi perencanaan program untuk 2019 dengan memperhatikan hasil rakor PKK Kabupaten 2018 serta menumbuh kembangkan peran PKK sebagai motivator, fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak untuk meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat bahagia, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan.

Selanjutnya, anggota Tim Penggerak PKK juga merupakan para relawan, yang tidak menerima gaji, baik perempuan maupun laki-laki, yang menyediakan sebagian dari waktunya untuk PKK.

Walaupun Sasaran PKK adalah keluarga, khususnya ibu rumahtangga, perempuan, sebagai sosok sentral dalam keluarga. Ia tidak hanya mengurus soal kehidupan rumahtangganya dan mengasuh anak saja. Banyak di antara ibu rumah tangga yang membantu suami di sawah, bahkan berusaha menambah pendapatan keluarga dengan berjualan.

“Khusus kepada SKPD terkait, kami menghimbau dukungannya untuk mensinergikan program kegiatan di Instansi masing-masing dengan program – program PKK Kabupaten, mengingat betapa besarnya peran  PKK untuk mensejahterakan keluarga”, kata Ixuan.

Pada acara tersebut juga dilakukan pemberian hibah kepada masyarakat, lembaga, organisasi sosial kepada usaha Nurul Iman atas nama Siti Khoiriyah, warga Kampung Sukaagung, Kecamatan Buaybahuga berupa satu unit mesin obras.

Usaha Karya Muda Printing atas nama M. Marsito, warga Kampung Serdangkuring, Kecamatan Bahuga, berupa satu buah mesin stempel. Usaha Sadar Usaha atas nama Arisman Tanjung, warga Kampung Tanjungraya, Kecamatan Rebangtangkas berupa satu paket kunci.

Usaha Mandiri Makmur atas nama Abdul Rani, warga Kampung Negeribaru, Kecamatan Blambanganumpu berupa satu unit mesin kompresor. Dan, usaha Rusunawa atas nama Ida, warga Kelurahan Blambanganumpu, berupa dua buah mesin press minuman dingin dan panas.(HK)

 

Adipati Bina Organisasi Masyarakat Pedesaan

Posting Terkait