Agung Bagikan 1.763 Sertifikat

Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara menyerahkan sertifikat pendaftaran tanah sistematis lengkap kepada warga.

Agung Bagikan 1.763 Sertifikat

 

KOTABUMI – Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara membagikan secara secara simbolis 1.763 sertifikat pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) Badan Pertanahan Nasional (BPN) di GSG  Islamic Center, Rabu (22/11).

‎”Biaya untuk pembuatan sertifikat tanah Rp200 ribu, berdasarkan SK bupati dengan mengacu keputusan tiga menteri. ‎Lakukan kewajiban, jangan hanya menuntut hak saja,” kata bupati.

Bupati mengucapkan selamat kepada para penerima sertifikat PTSL yang terpilih dari program itu.

Baca Juga:  Lampung terpilih sebagai lokasi kegiatan CCCD

Kakanwil BPN Lampung Iing Sarkim mengatakan‎ kebijakan terkait PTSL, merupakan hasil target nasional 5 juta bidang tanah, 280.676 bidang di Lampung, Lampung Utara tahun ini 18.890 bidang.

Tetapi ada tambahan, dari kerja keras BPN setempat 20.250 bidang. Hari ini diserahkan 1.763 bidang, dan akan diserahkan oleh BPN.

Sertifikat PTSL, dukungan pemkab dan jajaran, termasuk dari forkopimda. Untuk ‎target tahun ini telah selesai di Lampung Utara. Penyelesaian, masuk nomor satu selesainya sertifikat PTSL.

Pelaksanaan tidak mudah, dengan dukungan operasional dari Pemkab setempat dalam pengurusan sertifikat. Sebelumnya tidak ada dana operasional untuk petugas desa, dan tidak ada biaya.

Baca Juga:  Evaluasi Tentukan Langkah Pembangunan

Tetapi sejak ada keputusan bersama, tiga menteri maka dapat ditarik biaya sebagai operasional untuk pengurusan tanah.

Bisa diterbitkan sertifikat hak atas alas tanah sangat berguna bagi yang memilikinya, sebagai bukti kepemilikan hak atas tanah. Ada kepastian hukum, dengan bukti batas tanah.

Disamping itu juga, dapat dijaminkan. Disamping legalitas kepemilikan, dapat bermanfaat bagi yang mendapatkannya.

Ada penerbitan untuk nelayan, dan pertanian. Pada 2018, akan meningkat 50.250 bidang dari program PTSL untuk Lampung Utara. Harapannya, tanah ‎milik warga dapat bersertifikat semuanya. Selain untuk legalitas kepemilikan, juga meminimalisir konflik.

Baca Juga:  Pariwisata Katalisator Kemakmuran Rakyat

Dapat dukungan semua elemen, khususnya pengumpulan data-data tentang tanah. Kegiatan PTSL, dikenakan biaya materai, BPHTB.

Pada 2018 mendatang, ada kecamatan Bukitkemuning, Sungkai Jaya, Abung Kunang, Hulu Sungkai, Sungkai Barat, Abung Timur. Untuk menyiapkan data nominatif, untuk mendapatkan sertifikat PTSL.

Arham, warga Tanjungriang, Kecamatan Tanjungraja, mengaku senang dapat memperoleh sertifikat tanah dari program PTSL. Menurutnya program tersebut membantu dirinya dalam memperoleh sertifikat tanah.

“Senang dapat sertifikat tanah. Ngurusnya juga mudah,” ujarnya.(ri/iv)

425 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

1.763 Agung Badan Bagikan BPN Bupati ilmu Lampung lengkap mangkunegara Nasional pendaftaran Pertanahan PTSL Sertifikat sistematis tanah utara

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan