AKHI Lampung Diminta Tingkatkan Kesehatan Jemaah

Istimewa

BANDAR LAMPUNG – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengajak petugas haji yang tergabung dalam Asosiasi Kesehatan Haji Indonesia (AKHI) Provinsi Lampung untuk menjaga dan meningkatkan kondisi kesehatan para jemaah agar istitha’ah (mampu) dalam melaksanakan ibadah haji, termasuk umroh.

Hal tersebut, diungkapkan Gubernur Arinal saat menerima audiensi AKHI Lampung, (2/10) di Ruang Kerja Gubernur.

“Saat ini Bandara Raden Intan II (Branti) akan segera menjadi bandara embrakasi penuh. Artinya, akan ada peningkatan jumlah jamaah. Di sana AKHI dapat berperan menjadi mitra pemerintah khususnya memberikan dalam pembinaan dan penyuluhan kesehatan kepada para jamaah pada tahap persiapan di Indonesia,” ujar Gubernur.

Baca Juga:  Kemenag Perbarui Aplikasi Haji

Gubernur berpesan agar AKHI selain memberikan pengetahuan mengenai informasi kesehatan, juga berbagi saran berdasarkan pengalaman selama menjadi petugas.

Sementara itu, Ketua AKHI Provinsi Lampung Zam Zanarinah mengatakan AKHI Provinsi Lampung siap bersinergi dengan Pemprov Lampung untuk memberikan pembinaan dan pelayanan kesehatan bagi para jamaah haji dan umroh di Provinsi Lampung.

Baca Juga:  84 Jemaah Haji Tiba Kembali di Mesuji

Menurut Zam Zanariah, AKHI merupakan wadah perkumpulan mantan petugas kesehatan haji yang terdiri dari para dokter dan perawat di bidang kesehatan. “Kami siap memberikan penyuluhan dan mengedukasi terutama pada saat menasik hingga ke kecamatan,” ujarnya.

Zam Zanariah menjelaskan kegiatan penyuluhan kesehatan oleh AKHI merupakan program kerja rutin AKHI yang sudah sering dilaksanakan terutama pada saat manasik haji. “Pelaksanaan kegiatan pemeriksaan dan pembinaan kesehatan jamaah adalah dalam rangka memelihara dan meningkatkan kondisi kesehatan jamaah sehingga mencapai istitha’ah,” ujar Zam Zanariah.(*)

AKHI Lampung Haji

Posting Terkait