Alat Ini Bisa Lacak PNS yang Bolos Kerja

Ilustrasi. (Ist)

Jakarta – Cuti bersama lebaran 2018 telah berakhir, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur melakukan sidak terhadap para pegawai negeri sipil (PNS) di hari pertama kerja.

Menariknya, sidak yang digelar oleh Asman ini dilakukan secara online kepada seluruh jajaran PNS atau yang disebut juga Aparatur Sipil Negara (ASN). Sidak itu dilakukan di Command Center Kementerian PAN-RB, Jakarta.

Baca Juga:  Bupati Pesawaran Serahkan SK PNS 100 Persen Kepada 282 Orang

“Saya punya alat kontrol baru. Saya bisa lihat secara online kehadiran pegawai ASN dari kementerian, lembaga, dan Pemda. Saya tidak perlu lagi sidak ke lapangan,” kata Asman dalam keterangan resminya, Kamis (21/6/2018) kemarin.

Sidak secara online ini dilakukan dalam rangka meningkatkan efektivitas dan efisiensi monitoring serta evaluasi kehadiran ASN secara nasional, termasuk kehadiran ASN di hari pertama masuk kerja.

Baca Juga:  Berikut 6 Ujaran Kebencian yang Tak Boleh Dilakukan PNS

Dengan begitu, pemerintah atau setiap Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) tak perlu repot untuk melakukan sidak ke lokasi. Hanya dengan sistem online ini, maka pegawai yang bolos kerja dapat langsung diketahui.

Sistem ini akan memudahkan pemerintah pusat melakukan pengawasan. Dengan adanya sistem e-Government yang sudah ditetapkan ini, tidak diawasi pun para ASN akan merasa rugi bila membolos kerja. Sebab, penilaian yang dilakukan pemerintah berdasarkan kinerja masing-masing individu.

Baca Juga:  Bupati Pringsewu Lepas Calon Haji PNS

Lebih lanjut, Asman menegaskan, PPK di setiap instansi kementerian maupun lembaga memiliki hak diskresi untuk memberi sanksi bagi para pegawainya. Ada sanksi ringan, sedang, hingga berat.

“Pemberian sanksi sanksi diatur dalam PP 53 tahun 2010 tentang Disiplin PNS sesuai dengan klasifikasinya,” tuturnya, seperti yang dilansir dari detik.com.  (net/hp)

PNS

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan