Andi Surya ajak Pengusaha di Marseille untuk Berinvestasi di Lampung

Berhadapan dengan Pelabuhan Kota yang ramai kapal pesiar, yacht, dan perahu-perahu mancing, Kantor Walikota Merseille berdiri anggun dengan arsitektur klasik eropa abad pertengahan. Gerbang masuk telah terpancang dua bendera yaitu Perancis dan Indonesia, sejajar.

Di ruang kerja Walikota Marseille, Mr. Jean Claude Goudin telah menunggu. Pria tinggi besar berusia sekitar 70-an tahun itu telah memimpin Kota Marseille selama 23 tahun. Mr. Goudin adalah politisi senior yang pernah menjadi Senator Perancis dan Gubernur Region Provence Alfes Cute D’azur yang membawahi Kota Marseille sebelumnya.

Andi Surya dan beberapa anggota DPD RI dipersilakan masuk dan langsung beramah tamah dengan Walikota dan seluruh pejabat kota Marseille termasuk Wakil Walikota bidang kerjasama Internasional Mr. Jean Roatta. Pertemuan ini adalah dalam rangka formulasi RUU Percepatan Pembangunan di Daerah dan membuka peluang bisnis bagi pengusaha Marseille untuk menanam investasi di Indonesia.

Baca Juga:  Andi Surya: Pegawai Honorer K2 Harus Bersabar

Pada kesempatan itu, Andi Surya menyampaikan berbagai potensi Lampung. Salah satu potensi tersebut adalah sektor wisata yang sedang berkembang di beberapa titik Lampung seperti Pesawaran dan Krui, serta potensi keunikan budaya yang memiliki cita rasa seni lokal, termasuk kopi, lada, dan tambang Lampung. Hal ini disampaikan Andi Surya dengan gamblang ketika berdialog.

“Kami berterimakasih kepada Walikota Mr. Goudin atas penerimaan yang hangat. Kami datang kemari untuk bersahabat sekaligus mengundang Walikota bersama seluruh pengusaha dan pejabat Kota Marseille ke Indonesia untuk melihat negara kami, dan kami membuka lebar pintu untuk investasi baik government to government maupun bisnis to bisnis khususnya ke Provinsi Lampung” Ujar Andi Surya.

Baca Juga:  Andi Surya Geser Sri Widodo

Selanjutnya Walikota Marseille, menjelaskan, “Marseille adalah kota industri pelabuhan, penerbangan dan wisata dengan rata-rata 5 juta wisatawan per tahun datang ke kota ini. Kami membangun kota ini dengan penuh perjuangan baik secara demokrasi maupun dengan kemampuan anggaran yang terbatas.

Kami melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat di Paris agar dapat memenuhi aspirasi yang berkembang dari masyarakat Marseille. Kami juga telah membentuk pusat-pusat kegiatan UMKM guna meluaskan kesempatan kerja”.

Dilanjutkannya, Kami senang dengan kehadiran para Senator Indonesia, ini menunjukkan bahwa hubungan kita baik secara kenegaraan dan mikro pemerintah daerah serta terus berlangsung konsisten dengan akrab saling menguntungkan. Kami akan mencatat tawaran dari para Senator Indonesia untuk berbisnis di masing-masing daerah pemilihan khususnya di Lampung. Kami berjanji akan mengatur waktu untuk datang ke Indonesia secepatnya, tutup Walikota yang juga mantan menteri dalam pemerintahan negara Perancis ini.

Baca Juga:  Andi Surya Terima Pengaduan dari Masyarakat di 6 Desa

Di akhir pertemuan tersebut, masing-masing anggota DPD RI saling bertukar cenderamata dengan Walikota Mr. Jean Claude Goudin dan Wakil Walikota Marseille, Mr. Jean Roatta, selanjutnya ditutup siang hari itu dengan saling bersulang dan toast minuman khas Marseille, Perancis. (*)

Andi Surya

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan