Andi Surya: DCT sebagai Pertimbangan Memilih dan Memilah Calon Wakil Rakyat

Senator petahana, anggota DPD RI dapil Lampung yang kembali mencalon sebagai anggota DPD RI 2019-2024 bernomor urut 28, Dr. H. Andi Surya, bersama keluarga. Foto: Facebook Andi Surya

BANDAR LAMPUNG – Resmi bernomor urut 28 calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI peserta Pemilu 2019 daerah pemilihan (dapil) Provinsi Lampung, cukup disyukuri senator petahana yang kerap pula dijuluki “Senator Babaranjang”, Andi Surya.

Dimintai komentar pascapenetapan daftar calon tetap (DCT) calon anggota DPR, DPD, dan DPRD Provinsi/Kabupaten/Kota yang kemarin diumumkan Ketua KPU Arief Budiman, di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Kamis (20/9/2018), dilanjut penetapan nomor urut hari ini, Jum’at (21/9/2018), Andi apresiatif.

Baca Juga:  Ini Pesan Andi Surya untuk Kapolda Lampung yang Baru

Pengampu Universitas Mitra Indonesia (Umitra) Lampung kelahiran Banda Aceh, 11 Maret 1964 itu memberi apresiasi positif atas kinerja pelaksanaan umum/teknis Pemilu 2019 oleh KPU sejauh ini.

Dikatakan, DCT merupakan produk keputusan KPU, hasil kerja KPU setelah melakukan proses seleksi cukup ketat untuk calon-calon anggota parlemen, termasuk DPD RI melalui persyaratan tertentu yang harus disiapkan sang calon.

Oleh karenanya, kata mantan anggota DPRD Provinsi Lampung 2004-2009 ini menilai, di dalam DCT ini isinya merupakan figur-figur kompeten yang setidaknya dalam versi KPU layak untuk ‘disiarkan’ kepada warga masyarakat untuk dipilih.

“Untuk itu, saya menghimbau agar baik rakyat Lampung maupun figur-figur calon DPD RI itu sendiri, harus bisa memanfaatkan DCT ini dengan baik dan sesuai peruntukannya,” Andi menjelaskan.

Baca Juga:  Andi Surya: Pegawai Honorer K2 Harus Bersabar

Apa itu? “Yaitu informasi untuk kualitas demokrasi independen melalui calon-calon perwakilan independen juga,” imbuh dia.

Untuk rakyat pemilih, senator kritis bernomor anggota B-31 itu menitipkan pesan welas asih.

“Gunakanlah DCT sebagai pertimbangan (untuk) memilih dan memilah sosok calon anggota DPD RI yang layak.”

“Dengan cara memilih yang benar, yaitu yang sesuai dengan kapasitas dan kemampuan yang bersangkutan menyuarakan aspirasi masyarakat daerah Lampung,” pesannya bijak.

Menariknya, salah satu tokoh pendidikan Lampung, anak keempat dari tujuh bersaudara pasangan Syamsuri dan Siti Aminah ini tak lupa mengajak kompetitornya sesama pemegang nomor urut calon anggota DPD, untuk menunjukkan profiling politik terbaiknya.

Baca Juga:  Andi Surya: Konflik Pertanahan Belum Jadi Isu Sentral Pilgub Lampung

“Untuk para calon DPD RI yang telah masuk dalam DCT, gunakan DCT KPU ini sebagai informasi kepada rakyat pemilih dengan baik dan benar. Serta menunjukkan kapasitas calon yang layak dipilih dengan cara-cara kampanye yang beradab dan beretika,” ucap Ketua Yayasan Sekolah Global Surya ini.

“Tunjukkan kepada rakyat. Bahwa calon DPD RI berkelas dalam segala hal, baik tampilan moral etika, maupun dalam kualitas program-program kerja yang dijanjikan kepada warga pemilih.”

Yang paling utama, imbuh pembina LSM LIRA Lampung yang dikenal merakyat ini, “lakukan pendidikan demokrasi yang mencerahkan kepada rakyat, agar rakyat pemilih mendapat suguhan pemilu yang jauh dari kecurangan dan penuh dengan nilai-nilai kebersamaan dan kegotongroyongan,” tutupnya, melalui WhatsApp. (*)

Andi Surya

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan