Antisipasi Macet, Gubernur Lampung Bangun Jembatan Way Sekampung II

Jembatan Way Sekampung II
Jembatan Way Sekampung II
Dinas PUPR Provinsi Lampung membangun Jembatan Way Sekampung II yang memiliki panjang 50 meter dan menghubungkan Kalirejo, Lampung Tengah dan Pringsewu, Rabu (6/12/2017). Foto: Ist

Bandarlampung – Gubernur Lampung, Muhammad Ridho Ficardo, akan meresmikan Jembatan Way Sekampung II, dalam waktu dekat ini. Jembatan ini menghubungkan Kalirejo, Lampung Tengah, dan Pringsewu yang berada di Desa Podomoro, Kecamatan Pringsewu Utara, Kabupaten Pringsewu.

Sebelumnya, jembatan tersebut hanya satu lajur, yang tak mampu lagi menampung arus lalulintas. Sehingga, pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) membuat duplikasinya (dua jalur) agar arus kendaraan lancar.

“Satu jalur tidak layak lagi dilalui dan tidak mampu menampung arus lalulintas yang mencapai 7.338 kendaraan Lalulintas Harian Rata-Rata (LHR). Akibatnya timbul kemacetan parah pada jam-jam sibuk,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Budhi Darmawan, di Lingkungan Pemprov Lampung, Rabu (6/12/2017).Dengan kondisi dua jalur, Budhi berharap lalulintas lancar.

Saat ini, keseluruhan kondisi jembatan telah mencapai 90%. “Insya Allah, sebelum memasuki Natal dan tahun baru, jembatan akan rampung 100 persen sehingga jembatan tersebut bisa resmi dibuka oleh Gubernur Ridho,” tambah Budhi.

Jembatan Way Sekampung II, lanjut Budhi, telah ada sejak tahun 1983. Jembatan tersebut menggunakan tipe C lebar 0,5 + 3,5 + 0,5. Namun, seiring pertumbuhan lalulintas yang tinggi dan pertimbangan umur jembatan yang sudah lama sehingga perlu dibangun jembatan duplikasi sebagai langkah untuk keamanan kapasitas jembatan dan untuk pembagian beban pada jembatan.

Budhi juga menegaskan, pembangunan Jembatan Way Sekampung II ini menggunakan tipe Rangka Baja Australia (RBA) Kelas B dengan lebar 0,5 + 6 + 0,5 dan panjang 50 meter dengan tujuan agar jembatan mempunyai umur pemakaian yang lebih lama dan sebagai  roda penggerak pertumbuhan perekonomian.

Jembatan baru yang dibangun ini memiliki panjang 50 meter atau lebih lebar dari jembatan yang sekarang. “Jadi, nanti ada dua jembatan, sehingga kendaraan yang dari Kalirejo ke Pringsewu dan sebaliknya memakai dua jembatan di kiri dan kanan,” kata Budhi. Pembangunan jembatan Way Sekampung ini dianggarkan sebesar Rp7 milliar dan telah menunjukkan perkembangan yang signifikan. (Rls)

360 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Berita Terkait

Leave a Comment