ASN Baiat Warga, Inspektorat Lampung Surati Kepegawaian Lamteng

Pembaiatan politik oleh salah seorang Oknum Pejabat Pemkab Lampung Tengah. (foto ist)

BANDARLAMPUNG – Keterlibatan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng), yang membaiat warga setempat untuk memilih dan memenangkan Mustafa dalam pilgub 2018. Sudah ditindaklanjuti oleh Inspektorat Provinsi Lampung.

Kepala Inspektorat Lampung, Syaiful Dermawan, mengaku, sudah mengirimkan surat ke pembina kepegawaian Lamteng. “Kami (Inspektorat) sudah membuat dan mengirimkan surat guna mengklarifikasi masalah tersebut,” kata Syaiful, Senin (23/10).

Baca Juga:  Terkait Pembaiatan, Bupati Lamteng Siap Tindak Plt.Kadisdik Jika Bersalah

Lanjutnya, jika memang nanti dalam prosesnya terdapat kesalahan maka sanksi administrasi bisa ditetapkan. “Belum bisa berbicara banyak, nanti setelah ada progres baru bisa dibicarakan lebih lanjut,” singkat Syaiful.

Pemerintah kabupaten Lampung Tengah berjanji akan menindak tegas Pelaksana Tugas (Plt) kepala dinas pendidikan setempat terkait adanya pengambilan sumpah kepada masyarakat untuk memilih dan memenangkan bakal calon Gubernur (Balongub) Lampung, Mustafa di pilgub 2018 mendatang.

Baca Juga:  Hery Suliyanto Bantah Dirinya Terlibat Politik Praktis

Sebelumnya, Bupati Lampung Tengah Mustafa menyampaikan bahwa telah menginstruksikan Inspektoat setempat untuk menyelidiki kasus pengambilan sumpah tersebut.

“Saya sudah meminta inspektorat, untuk menyelidiki masalah itu,” kata Mustafa, saat menghadiri Rakerda I DPD Hanura Lampung, di Hotel Sheraton.

Jika terbukti bersalah, maka, ia tidak segan- segan untuk memberi sanksi tegas kepada Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Pendidikan Lampung Tengah tersebut. “Jelas kita akan memberikan sanksi yang tegas, kalau terbukti bersalah,” jelasnya.

Baca Juga:  Bawaslu Lampung Kaji Soal Oknum ASN Lakukan Pembaiatan Politik

Meski begitu, Mustafa masih enggan menyebutkan sanksi apa yang akan diberikan. Karena masih menunggu hasil dari Inspektorat terlebih dahulu. “Yang jelas kita tunggu hasil dari pemeriksaan Inspektorat dulu,” pungkasnya.(ZN)

 

ASN Berpolitik Pembaiatan Politik

Posting Terkait