Azwar Yakub Cs Divonis 8 Bulan Penjara

BANDARLAMPUNG– Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Tanjungkarang, Bandarlampung, Senin (4/9) memvonis delapan bulan hukuman penjara dengan masa percobaan satu tahun kepada tiga anggota DPRD asal Partai Golkar terkait pengeroyokan kepada Ketua Satgas AMPG Lampung Fasni Bima. Humas PN Mansur mengatakan, Azwar Yakub dan Miswan Rodi (anggota DPRD Lampung) serta Jhoni Corne (anggota DPRD Pesawaran) sudah menjalani sidang putusan pada Senin (4/9) pagi sekitar pukul 09.00 WIB.

“Perkara Joni Corni Cs satu berkas ada tiga orang, sudah di putus pada hari ini oleh majelis hakim selama delapan bulan dengan masa percobaan satu tahun,” kata Mansur

Baca Juga:  Fasni Bima Minta Azwar Yakub Cs Dibebaskan

Mansur menambahkan, ketiganya dinyatakan bersalah melanggar pasal 170 KUHP tentang kekerasan terhadap seseorang. “Terhadap putusan tersebut para terdakwa bersama jaksa penuntut umum menyatakan pikir-pikir,” pungkasnya

Sebelumnya, jaksa penuntut umum (JPU) Sukaptono, menuntut para terdakwa dengan pasal 170 ayat (2) ke-1 KUHP tentang pengeroyokan dengan tuntutan penjara selama satu tahun dan masa percobaan selam satu tahun enam bulan yang dinilai jarang terhadap perkara penganiayaan.

Menurut JPU, ketiga terdakwa dituntut dengan hukuman ringan karana sebelumnya, Ketua AMPG Lampung, Fasni Bima yang merupakan korban meminta kepada majelis hakim untuk membebaskan ketiga terdakwa dengan alasan sudah ada perdamaian antara kedua belah pihak.

Baca Juga:  Azwar Yakub Bantah Dakwaan Jaksa

Diketahui, sebelumnya terdakwa di dakwa dengan pasal primair, didakwa pasal 170 ayat (2) ke-1 KUHP tentang Pengeroyokan. Dakwaan subsidair, pasal 351 ayat (1) tentang Penganiayaan dan dakwaan lebih subsidair pasal 358 KUHP tentang Turut Perkelahian jo pasal 55 KUHP.

Kerusuhan terjadi di kantor DPD I Partai Golkar Lampung, Kamis (15/9/16) pagi. Akibat kerusuhan itu, satu orang mengalami luka bocor di kepala dan dua lainnya mengalami memar. Korban luka bocor di kepala adalah Pasni Bima (48), Ketua Satgas AMPG Provinsi Lampung. Dua korban memar adalah Dahlan (53) dan Imron (26). Ketiga korban kini mendapat perawatan di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Bumi Waras.

Baca Juga:  Azwar Yakub Bantah Dakwaan Jaksa

“Saya dipukuli puluhan orang. Kepala saya dipukul pakai balok kayu batu dan paving block,” ujar Pasni. Kerusuhan ini merupakan buntut dari pemecatan Ketua DPD I Partai Golkar Lampung M Alzier Dianis Thabranie.

Ketua Umum DPP Partai Golkar Setya Novanto memecat Alzier sebagai ketua DPD I Golkar Lampung dan menunjuk Plt Ketua DPD I Golkar Lampung Letjen (Pur) Lodewijk Friedrich Paulus. (HL)

Azwar Yakub Cs

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan