Babak Baru OTT Lampung Utara: KPK Limpahkan Berkas Perkara Agung Ilmu Mangkunegara Dkk ke Pengadilan

Dinasti Politik dan Family Corruption di Lampung Utara, Haruskah Muncul Tersangka Baru?

Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara menatap tajam ke arah majelis hakim saat menjadi saksi di Pengadilan Negeri Tanjungkarang. Foto: Tommy Saputra/Fajar Sumatera

Bandar Lampung – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera melimpahkan berkas perkara korupsi fee proyek pada Dinas Perdagangan dan Dinas PU-PR Lampung Utara dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) ke Pengadilan Negeri Tanjungkarang.

Untuk diketahui ada empat berkas perkara yang dilimpahkan KPK. Mereka ialah orang yang diduga sebagai penerima suap fee proyek di dalam perkara tersebut yang sebelumnya diamankan saat Operasi Tangkap Tangan (OTT) berlangsung. Di antaranya, Bupati Lampung Utara non aktif; Agung Ilmu Mangkunegara, Kadis Perdagangan Lampung Utara non aktif; Wan Hendri, Kadis PU-PR Lampung Utara non aktif; Syahbudin dan orang kepercayaan atau paman dari Agung Ilmu Mangkunegara; Raden Syahril.

Baca Juga:  KPK Tangkap Zainudin Hasan Cs

“Besok (Senin/17/2/2020), kami akan melimpahkan berkas perkara Agung Ilmu Mangkunegara, Raden Syahril, Syahbudin dan Wan Hendri ke Pengadilan Negeri Tanjungkarang,” kata JPU KPK, Taufiq Ibnugroho dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Minggu (16/2/2020).

Tidak hanya berkas perkara, KPK juga akan memindahkan keempat orang tersebut ke Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas I A Bandar Lampung dan juga ke Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I A Bandar Lampung. Adapun yang akan menempati LP Kelas I A Bandar Lampung adalah Wan Hendri, Syahbudin dan Raden Syahril. Sementara Agung Ilmu Mangkunegara akan ditempatkan di Rutan Kelas I A Bandar Lampung.

Baca Juga:  KPK Saksikan Serah Terima Stadion Mattoangin

“Sekaligus juga akan melakukan pemindahan tahanan. Agung Ilmu Mangkunegara akan ditempatkan di Rutan Kelas I A Bandar Lampung,” jelas Taufiq.

Kuasa Hukum Raden Syahril, membenarkan apa yang diungkapkan Taufiq Ibnugroho. “Iya benar. Akan ada pelimpahan berkas dan tahanan kepada klien kami,” ucap Sukriadi Siregar saat dikonfirmasi.

Sebelumnya, berkas penyidikan untuk perkara ini diserahkan penyidik ke JPU pada Senin (3/2/2020). Sedikitnya ada 113 orang saksi yang telah diperiksa penyidik untuk melengkapi berkas perkara keempat orang itu.

Baca Juga:  KPK Kembali Periksa Ajudan Setya Novanto terkait Kasus e-KTP

“Jumlah saksi yang sudah diperiksa ada 113 saksi terdiri dari berbagai unsur swasta, mantan Ketua DPRD Lampung Utara, mantan Wakil Gubernur Lampung, dan beberapa pejabat di lingkungan Kabupaten Lampung Utara,” kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri. (Ricardo)

Agung Ilmu Mangkunegara Kasus Korupsi Lampung Utara KPK Lampung Utara Rutan Kelas I A Bandar Lampung

Posting Terkait