Babinsa-Babinkamtibmas Dialokasikan Rp250,8 Juta

 

MENGGALA – Bupati Tulangbawang Winarti mengalokasikan Rp250,8 juta bagi insentif 209 personil TNI dan Polri, periode Januari-April. Terdiri dari 122 Bintara Desa (Babinsa) mendapat Rp146,4 juta sementara 87 Byangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) menerima Rp104,4 juta.

“Babinsa dan Babinkantibmas mempunyai peran yang sangat penting membantu menjaga situasi keamanan karena mereka memang berada di tengah-tengah masyarakat. Bahkan sebelum adanya ganguan keamanan Babinsa dan Babinkantibmas dapat mengantisipasi. Dengan begitu masyarakat akan merasa aman dan nyaman,” terang bupati, Sabtu (26/5/2018).

Hal tersebut sebagai bentuk perhatian Pemkab Tulangbawang kepada para pembantu penjaga situasi keamanan agar lebih giat dalam meningkatkan ketentraman dan ketenangan di tengah keberadaan masyarakat .

Apalagi jelas Winarti, Babinsa dan Babinkantibmas merupakan ujung tombak memdeteksi sedari dini munculnya berbagai ganguan keamanan di lingkungan masyarakat pada tingkat kampung.

Dikatakan Winarti jika dalam pelaksanaan memberikan rasa aman kepada masyarakat pihaknya telah perintahkan Badan Kesbangpol agar menjalin sinergivitas dengan seluruh penjaga keamanan serta membentuk tim pelaksanaan Siskamswakarsa.

Tim Siskamswakarsa (Pemkab, Babinsa, dan Babinkantibmas) sama-sama bekerja. Pemkab setiap saat harus selalu memonitor perkembangan keamanan di bawah, sementara Babinsa dan Babinkantibmas diwajibkan memberikan laporan melalui komunikasi khusus akan adanya berbagai ancaman keamanan maupun perkembanganya dengan begitu upaya-upaya untuk mengacaukan keamanan bisa diminimalisir.

Pemberian insentif walaupun tidak sebanding, tapi inilah upaya kami pemerintah memberikan sebuah penghargaan kepada seluruh penjaga keamanan yang telah susah payah berupaya dalam menjaga situasi yang aman dan tentram.

“Jika itu terus dilakukan saya yakin ke depan program pembangunan akan berjalan sesuai harapan. Ke depan akan banyak para investor masuk untuk berinvestasi,” ujarnya.

Sebab Tulangbawang adalah wilayah yang aman dan nyaman untuk dijadikan tempat berbagai kegiatan  usaha-usaha peningkatan ekonomi masyarakat. “Dengan banyaknya usaha akan banyak juga penyerapan tenaga kerja otomatis semakin berkurang penganguran, sudah pasti berdampak terhadap kesejahteraan rakyat,” imbuhnya.

Kepala Kesbanpol Daerah Tulangbawang Hamami Ria menjelaskan jika isentif babinsa dan babinkantibmas diberikan untuk empat bulan yakni Januari-April 2018 yang anggaranya bersumber dari APBD 2018.

“Sistemnya non tunai uang ditransper langsung ke rekening masing-masing  penerima. Silahkan cek di bank dan perlu diketahui saat ini sekretariat Siskamswakarsa Tulangbawang telah menyiapkan call center. Diharapkan Babinsa dan Bhabinkamtibmas dapat melaporkan suatu kegiatan ataupun kejadian melalui media sosial, baik itu group Whatshaap, Email dan SMS. Sehingga, apapun gangguan keamanan dapat kita deteksi,” ingatnya.(MR)

8 Juta Anggota Babinsa-Babinkamtibmas Dialokasikan Rp250

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan