Bahan Kimia Meledak Dalam Bus Jurusan Kotaagung-Rajabasa

Chandra | Fajar Sumatera

KOTAAGUNG- Penumpang Bus RBU membawa bahan kimia sembarangan dan meledak saat Bus jalan menuju terminal rajabasa.

Meledaknya Zat kimia di dalam Bus RBU yang di bawa oleh penumpang Bus RBU di Pekon Kagungan. sekira pukul 16.30 WIB. Tepat di Jl. Lintas barat Sumatera  di Pekon Kagungan Kec. Kota Agung Timur.

Yang disebabkan bereaksinya cairan zat kimia yang menurut keterangan adalah zat kimia untuk pembersih mesin,Selasa (15/10).

Menurut informasi dari mitra Pers unit Intel Kodim 0424/Tanggamus mengatakan Sekira pukul 16.00 Wib mobil Bis penumpang RBU Nopol BE 2734 C yang dikemudikan oleh Yoyok 55 Th berangkat dari Kota Agung menuju Bandar Lampung dengan membawa 7 Penumpang,Sekira pukul 16.15. WIB naiklah penumpang dari depan PT. Aqua Danone, Nama,Yosi Pratama,(26)  Pekerjaan,OB PT. Puji Lestari ( Bandar Lampung).

Dengan membawa zat kimia sebanyak 5 liter dari PT. Aqua yang dibawa menggunakan Jerigen 30 Liter warna putih,Pada saat Yosi hendak menaikki kendaraan Bus RBU terlebih dahulu kernet Bis RBU. Isbandi menanyakan kepada Yosi  tentang barang bawaannya dan disarankan agar meletakkan dibagasi tetapi Yosi mengatakan tidak perlu dan barang ini tidak apa-apa .

Tepatnya di Pekon Kagungan kec Kota Agung timur pukul 16:30 wib tiba-tiba salah satu penumpang panik dan berteriak karena zat kimia yang di bawa oleh Yosi mengeluarkan asap dan mendidih, melihat kejadian tersebut kernet bis Isbandi  langsung berusaha untuk membuka pintu mobil namun zat kimia tersebut langsung meledak sehingga cairannya mengenai penumpang dan kernet bis RBU tersebut yang mengakibatkan 5 orang termasuk kernet Bis mengalami Luka Bakar disekujur tubuh.

Melihat kejadian tersebut lanjutnya, sopir bis RBU langsung menghentikan kendaraan dan warga yang berada di lokasi kejadian langsung membantu dan mengevakuasi korban ke RSUD Tanggamus dan RS . Secanti Gisting.

Adapaun korban luka bakar Isbandi, 45 terbakar pada bagian wajah dan lengan Yosi Pratama 26. terbakar pada bagian wajah, lengan dan kaki. Ali Atim 39 terbakar pada bagian kaki kiri dan kanan.

Melisa 40.TerBakar bagian wajah, punggung, lengan dan kaki.Sumi . 40.terBakar bagian wajah, punggung dan tangan.

Usai kejadian tersebut Pihak Kepolisian Polres dan unit Intel kodim 0424/Tanggamus menuju ke Lokasi Kejadian dan mengumpulkan data guna penyelidikan atas kejadian tersebut,ucapnya.

Terpisah Menurut Kasat Reskrim AKP Edi Qorinas SH saat di hubungi via telpon,mengatakan  Sementara saat ini, Pengemudi Bis RBU sedang dimintai keterangan oleh pihak Kepolisian Resort Tanggamus terkait kejadian tersebut dan Barang bukti berupa 1 Unit Bis RBU Nopol BE 2734 C diamankan di Mapolres Tanggamus guna penyelidikan lebih lanjut. Hingga saat ini pihak perusahaan belum bisa dikonfirmasi terkait jenis zat kimia tersebut. Hingga saat ini situasi masih kondusif,kita exspos Besok aja yang lebih datainya pungkas kasat.

Yosi Pratama merupakan OB di PT. Puji Lestari ( Bandar Lampung) yang diperintahkan oleh Atasannya untuk mengambil Zat Kimia Sisa sebanyak 5 Liter dari PT. Tirta imfes tama Aqua Danone.Tanggamus.

Yosi tidak mengetahui Jika Zat Kimia tersebut dapat bereaksi karena goncangan dan dapat mengakibatkan ledakan yang mengancam keselamatan.

Korban berjumlah 5 orang dan mengalami Luka Bakar akibat bahan Zat kimia tersebut.(SB/CD)

Bahan Kimia Meladak Dalam Bus Jurusan Kotaagung-Rajabasa

Posting Terkait