Bahas DD Wartoyo Senewen

Tugas Wartawan (Ilustrasi).

PRINGSEWU – Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia (APDESI) Kecamatan Gadingrejo Wartoyo sontak senewen saat membahas serapan dana desa (DD) untuk pembangunan di Pekon Pajerejo.

“Pembangunan sudah sesuai harga satuan dari Dinas Pekerjaan Umum Pringsewu. Salah satunya di RT-06 Balaikambang. Jadi, tidak ada yang salah dan menyalahi peraturan,” tandasnya, Rabu, (27/12).

Dengan nada suara makin meninggi dia menjelaskan soal alokasi sarana dan prasananya senilai Rp43,05 juta. Selain itu, pembangunan gorong-gorong di Dusun II RT-03, buis beton dianggarkan Rp49,937 juta.

Baca Juga:  Bambang Sumantri Resmi Ketua Apdesi Tulangbawang

Kemudian pembangunan tembok penahan tanah (TPT) menelan anggaran sebesar Rp274,14 juta, serta di RT-04 dan RT-05 menghabiskan Rp75,69 juta.

Rincian pekerjaan termin pertama itu terindikasi di-mark up. Apa iya?

“Wartawan yang hendak meliput, harus bawa linggis dan martil. Supaya enak nyongkel bangunannya. Takut yang kurang bagus tinggal diketok aja,” cetus Wartoyo.

Baca Juga:  Sinarjati Ikuti Ajang Provinsi

Komentar itu makin menunjukan bahwa Wartoyo memang senewen saat  membahasnya. Hal tersebut membuat Ketua Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) Pringsewu Ahmad Khattab angkat bicara.

“Ujaran itu bisa dikategorikan tantangan. Dan itu tak sepantasnya dilontarkan pejabat publik seperti Wartoyo karena tak bermoral dan tidak memiliki etika. Apalagi saat diwawancarai,” kata Ahmad Khattab.

Baca Juga:  Bimtek BPK Disinyalir Jadi Ajang Bisnis

Padahal wartawan bekerja atas dasar perintah UU No.40/1999 tentang Pers. Selain itu juga peran Pers adalah sebagai pilar keempat demokrasi di Indonesia.

“Terkait dugaan mark-up tersebut, berlandaskan pada sarana dan prasarana yang tidak memiliki katagori khusus di-LPJ-nya. Lalu, panjang bangunan TPT maupun pembangunan irigasi tidak dicantumkan ukuran volumenya,” jelas Ahmad Khattab.(DN/NA)

Apdesi Asosiasi Bahas dana DD Desa Gadingrejo Indonesia Kecamatan Ketua Pemerintah Pringsewu Senewen Wartoyo

Posting Terkait