Bahaya Proxy War, Gatot: Mahasiswa Harus Antisipasi Tantangan Masa Depan

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo berfoto selfie bersama ratusan mahasiswa usai memberikan kuliah umum di UIN Maulana Maliki Ibrahim Malang. Foto/ist

JAKARTA – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo memberikan kuliah umum di Universitas Islam Negeri (UIN)  Maulana Maliki Ibrahim Malang. Ribuan mahasiswa menyambut hangat kehadiran Panglima, bahkan mereka berfoto selfie bersama.

Dalam pemaparannya, Gatot menerangkan bahaya proxy war. Di mana perang tanpa bentuk, tak jelas siapa kawan maupun lawan. “Proxy war harus diwaspadai karena aksi ini tidak dapat dikenali dengan jelas siapa kawan dan siapa lawan karena musuh mengendalikan dari jauh,”kata Gatot seperti dilansir dari sindonews.com di acara Dialog Proxy War dan menjadi saksi penandatanganan Resolusi Ketahanan Informasi Nasional di Kampus UIN Malang.

Baca Juga:  Panglima TNI Hadiri Kegiatan Bakti Sosial

Kemudian, lanjut Gatot, untuk meraih cita-cita, para mahasiswa diharapkan belajar dengan giat. “Para mahasiswa harus selalu menjaga dan  meningkatkan  akhlak dan budi pekerti,” pesan Gatot.

Pada kesempatan itu, Gatot menyampaikan banyak hal tentang proxy war yang mesti diwaspadai, mulai dari teori kependudukan, tantangan masa depan dan upaya antisipasinya.

Selain memberi kuliah, Gatot menjadi saksi penandatanganan resolusi ketahanan informasi nasional yang ditandatangani oleh perwakilan dari berbagai unsur,  mulai TNI, perguruan tinggi, ormas, media massa, dan lainya.

Baca Juga:  PBNU Berharap Panglima TNI Yang Baru Tetap Jaga Netralitas di Tahun Politik

Mereka  berkomitmen dan sepakat untuk membangun sinergi bersama dalam mewujudkan Ketahanan Informasi Nasional dari ancaman proxy war, hoax, dan ujaran kebencian di segala bidang.

Menurutnya, dalam kondisi ancaman tersebut, memerlukan penyeimbang dengan pembentukan dan penguatan informasi positif tentang NKRI. Bentuk dan upaya penguatan ketahanan informasi nasional ini diwujudkan melalui trilogi informasi positif yakni membangun building, menginspirasi , dan mengajak berpikir positif. (Net)

Baca Juga:  Di Palangka Raya, Panglima TNI dan Kapolri Dapat Gelar Adat

Panglima TNI

Posting Terkait