Bakso Bakar Berbahan Batang Pisang

Mahasiswa IBI Darmajaya/Ist

BANDARLAMPUNG-Arrikhalu Rosiyda Gadis belia yang mampu mengubah batang pisang menjadi bakso bakar. Dia merupakan mahasiswi dari kampus IBI Dharmajaya Bandarlampung.

Bermula dari banyaknya batang pisang yang tidak dimanfaatkan, Arrikhalu Rosiyda mendapat inspirasi untuk mengubah batang pisang menjadi makanan bergizi dan bernilai ekonomis.

Selain itu, ia juga melihat kandungan serta manfaat dari batang pisang sangat banyak. “Manfaatnya banyak, bisa menjaga gula darah tetap stabil, memperbaiki sistem pencernaan, mencegah batu ginjal, serta baik untuk program diet,” kata Arrikhalu.

Baca Juga:  Disdikbud Pesawaran Siapkan UNPK SD-SMP

Dia menceritakan cara mengolahnya sangat sederhana. Pertama, batang pisang dipotong kecil dan dicampur garam, kemudian diremas-remas agar getahnya keluar. Selanjutnya, batang pisang dicuci dan direbus, setelah itu dicampurkan ke dalam adonan bakso. “Garam di sini berfungsi untuk menghilangkan getah dari batang pisang,” kata gadis manis kreatif ini.

Ia mengatakan mulai melakukan percobaan ini sejak 2016 lalu, tetapi baru bisa disempurnakan tahun ini. “Saya mencoba sudah dari tahun lalu, tetapi baru bisa disempurnakan tahun ini. Semoga ada manfaatnya,” imbuhnya. (LP)

824 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Pendidikan

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan