Balai Karantina Bandarlampung Gagalkan Penyelundupan 868 Burung

Foto: Ilustrasi

BANDARLAMPUNG – Balai Karantina Pertanian Kelas I Bandarlampung bersama Flight Protecting Indonesian Bird menggagalkan penyelundupan 868 burung berbagai jenis yang tidak memiliki surat lengkap.

Petugas kemudian menyita burung-burung tersebut untuk kemudian dicek kesehatan sebelum dilepasliarkan.

Penyelundupan 868 burung berbagai jenis yang berhasil digagalkan merupakan hasil penyelidikan dan patroli petugas di Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan. Burung  -burung  yang diketahui hendak dikirimkan ke Pulau Jawa tersimpan di dalam wadah yang diletakan di dalam bagasi bus.

Baca Juga:  KSKP Gagalkan Penyeludupan Daging Celeng

Kemudian, petugas membawa barang bukti tersebut bersama sang supir bus ke kantor Balai Karantina Pertanian Kelas I Bandarlampung untuk dimintai keterangan. Kepada sopir bus tersebut, petugas tidak melakukan penahanan.

Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Bandarlampung, Muhammad Jumadh menjelaskan, meski burung tersebut bukan tergolong hewan yang dilindungi, “Namun jika masuk  wilayah konservasi burung tersebut dapat tergolong menjadi hewan yang dilindungi,” kata Jumadh, Selasa (18/6).

Baca Juga:  KSKP Gagalkan Penyeludupan Daging Celeng

Saat ini pihaknya tengah melakukan penyelidikan untuk mengetahui siapa pemilik burung-burung tersebut.

Ke 868 burung tersebut rencananya akan langsung dilepasliarkan ke kawasan konservasi Sumber Agung Kemiling Bandarlampung setelah dilakukan cek kesehatan. (TS)

Balai Karantina Bandarlampung KSKP Bakauheni Penyelundupan Burung

Posting Terkait