Bandarlampung Marak Pelanggaran Kampanye

Foto: Ist

BANDAR LAMPUNG – Bawaslu Provinsi Lampung menertibkan 30.176 alat peraga kampanye di 15 kabupaten kota pada pemilu April 2019 lalu.

Ekspos kegiatan bawaslu ini  berlangsung di Hotel Sheraton, Kamis (15/8) kemarin, dengan menyebutkan bahwa Kota Bandar Lampung menjadi wilayah dengan penertiban APK terbanyak, yang mencapai 11.127 APK.

Alat Peraga Kampanye yang ditertibkan karena tidak sesuai dengan zona yang telah ditetapkan dan merusak lingkungan, seperti ditempel di pohon.

Sementara temuan Bawaslu terkait temuan politik uang dan barang di 15 kabupaten kota, Bawaslu Lampung menemukan 10 praktik politik uang.

“Temuan politik uang dan barang paling banyak terjadi di Lampung Selatan dengan tiga temuan disusul Pesawaran dengan dua temuan,” jelas Ketua Bawaslu Lampung, Fatikhatul Khoiriyah.

Total pelanggaran dan temuan pemilu 2019 yang telah ditangani oleh Bawaslu berdasarkan Perbawaslu Nomor 7 Tahun 2018, sebanyak 107 laporan dan temuan.

Sementara penindakan laporan dan temuan berdasarkan Perbawaslu Nomor 8 Tahun 2018, total 28 temuan dan laporan.

Ada pun berbagai laporan dan temuan pelanggaran pemilu yang telah ditangani Bawaslu berdasarkan jenis pelanggaran diantaranya, 28 pelanggaran administrasi, 88 dugaan pidana, 1 tindak pidana ditingkatkan ke penyidikan.

Kemudian  1 pelanggaran etika penyelenggara pemilu, 7 pelanggaran lainnya dan 93 bukan pelanggaran.

Sementara terkait pemungutan dan perbaikan rekapitulasi perolehan suara di masing – masing tingkatan, Bawaslu mengeluarkan 2.050 rekomendasi untuk ditindaklanjuti KPU.(JO)

Posting Terkait