Bank Bukopin Tambah Rasio Modal

PT. Bank Bukopin, Tbk. Cabang Bandar Lampung menggelar acara syukuran HUT ke 48 di Kantor Cabang Bandar Lampung, Jalan Raden Intan No. 138 C, Enggal, Bandar Lampung.ist

BANDARLAMPUNG—PT. Bank Bukopin, Tbk tengah berupaya menambah rasio kecukupan modal dengan melantai di bursa saham. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sendiri telah mengeluarkan surat pernyataan efektif atas rencana Penawaran Umum Terbatas IV (rights issue) Bank Bukopin pada 29 Juni 2018 lalu.

Pemimpin Cabang Bank Bukopin Bandarlampung, Abadi Nugroho mengatakan, dengan diperolehnya pernyataan efektif dari OJK, pihaknya saat ini mulai melakukan Penawaran Umum Terbatas IV (PUT IV) kepada para pemegang saham atas sebanyak-banyaknya 2,73 miliar saham kelas B dengan nilai nominal Rp100 per saham.

Sementara itu, Direktur Utama PT Bank Bukopin Tbk, Eko Rachmansyah Gindo menuturkan, setelah proses rights issue, rasio kecukupan modal Bank Bukopin akan meningkat. Rights issue merupakan salah satu aksi korporasi yang telah direncanakan perseroan untuk direalisasikan pada tahun ini.

“Melalui serangkaian aksi korporasi, diantaranya rights issue, revaluasi asset dan divestasi, Bank Bukopin menargetkan rasio kecukupan modal Perseroan dapat kembali tumbuh hingga mencapai 14%,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Rabu (11/7).

Dalam proses PUT IV ini, pemegang saham yang mendapatkan HMETD adalah yang tercatat memiliki saham Bank Bukopin hingga 11 Juli 2018. Kemudian, periode perdagangan saham dilakukan mulai tanggal 13 Juli 2018 s/d 25 Juli 2018 dan selanjutnya penjatahan dilakukan pada tanggal 27 Juli 2018.

Direktur Keuangan dan Perencanaan PT Bank Bukopin Tbk M. Rachmat Kaimuddin menambahkan, terkait dengan proses rights issue tersebut, setelah dilakukan proses due diligence, telah disepakati bahwa KB Kookmin Bank akan menjadi pembeli siaga (standby buyer) saham Bank Bukopin yang ditawarkan tersebut.

“Sebagai Pembeli Siaga, KB Kookmin Bank berkomitmen untuk membeli sisa saham yang tidak diambil oleh pemegang saham saat ini, sebanyak-banyaknya sebesar 2,56 miliar saham pada harga penawaran Rp570 per saham,” ujarnya.

Dia menambahkan Bank Bukopin merupakan bank yang fokus pada segmen ritel, yang terdiri dari segmen Mikro, UKM, dan Konsumer serta didukung oleh segmen Komersial.

Hingga Maret 2018, Bank Bukopin beroperasi di 23 provinsi, dengan 43 kantor cabang utama, 175 kantor cabang pembantu, 104 kantor kas, dan 863 mesin ATM.(*)

992 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

bukopin saham bukopin tambah modal HUT 48 Bank bukopin

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan