Bantah Jual Beli Jabatan, KPU Lampung Dukung Esti Nur Fathonah

Esti Nur Fathonah, Komisioner KPUD Lampung saat menggelar konferensi pers didamping oleh Komisoner lainnya. (Foto Joshua)

BANDARLAMPUNG — KOMISIONER KPU Lampung Divisi Logistik, Esti Nur Fathonah, membantah tudingan mantan Anggota Tim Pansel KPU Provinsi, Dr Budiono.

Esti Nur Fathonah menyangkal dirinya duduk sebagai komisioner karena menyerahkan sejumlah uang, dan terlibat dalam dugaan jual beli jabatan komisioner kabupaten/kota.

“Saya mengikuti proses seleksi sesuai aturan perundangan-undangan. Dan secara pribadi, saya tidak mengenal dan tidak pernah bertemu langsung timsel dan anggota KPU RI,” kata Esti dalam jumpa pers di Kantor KPU Provinsi Lampung, Senin (11/11/2019).

Baca Juga:  Sebel Dengan KPU-Bawaslu, Ini kata Herman HN

Esti juga membantah rekaman video di Swissbell Hotel yang disebutkan oleh Budiono sebagai alat bukti adanya dugaan jual beli jabatan komisioner.

“Saya mendapatkan rekaman itu saat saya berada di Batam. Rekaman itu hanya 2 detik, dalam rekaman itu saya tidak melakukan apa-apa, dan hanya saya,” ujarnya.

“Saya tidak tahu siapa yang merekam, kalau saya tahu saya pasti marah,” lanjutnya.

Baca Juga:  Catat, Jadwal Kampanye Paslon Pilgub Lampung Berikut

Mantan Panwas Lampung Selatan ini menyesalkan pemberitaan di beberapa media yang menyebutkan dirinya menjual kursi komisioner.

Pemberitaan di media tersebut, menurut Esti, merupakan bentuk pembunuhan karakter, dan bertujuan menjatuhkan dirinya.

“Masalah penyerahan uang yang dituduhkan, saya tidak pernah menerima uang dari siapapun dalam bentuk apa pun. Tidak pernah ada pertemuan,” tegasnya.

Saat ini, Esti masih mempertimbangkan tindakan hukum yang akan diambil terkait tudingan Budiono.

Baca Juga:  KPU Lampung Buka Lowongan untuk Tenaga Pendukung

“Saya menghormati proses hukum mereka dulu. Setelah itu akan saya pertimbangkan,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama Ketua KPU Provinsi Lampung Erwan Bustami menegaskan tidak akan membebastugaskan Esti Nur Fathonah sebagai komisioner.

Erwan Bustami bersama anggota komisioner lainnya siap memberikan dukungan moral terhadap Esti dalam menghadapi proses hukum.

“Komisioner KPU Lampung adalah kolektif dan kolegial, KPU tidak membebastugaskan Esti. Oleh karena itu, KPU menghormati proses hukum atas Esti, dan juga kita berikan dukungan moral terhadap proses hukum yang dihadapi,” kata Erwan. (JO)

Esti Nur Fathonah KPU Lampung

Posting Terkait