Bappeda Anggarkan Rp300 Juta Konsep Penataan PKOR

Kepala Bappeda Lampung, Taufik Hidayat (ist)
BANDARLAMPUNG, FS – Keseriusan Pemerintah Provinsi (PemProv) Lampung dalam mengembangkan Pusat Kegiatan Olahraga (PKOR) Way Halim, Bandarlampung  terus di lakukan.

Dilansir dari situs LPSE Provinsi Lampung, terdapat satu item yang sudah di lelang, yakni Perencanaan Konsep Pengelolaan dan Pembiayaan Pembangunan Kawasan PKOR Way Halim baik secara Ekonomi, Finansial maupun Konsep Pengembangan sebesar Rp300 juta. Anggaran itu telah ada di satuan kerja Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

Kepala Bappeda Taufik Hidayat, diwakili Kepala Bidang Perencanaan Makro dan Evaluasi Indra Permana, membenarkan  jika masterplan PKOR sudah di lelang.

Dia menjelaskan, jika PKOR yang ada sekarang mau di sesuaikan fungsinya sebagai sarana olahraga. Maka dari itu, kata Indra, pusat kegiatan olahraga akan dijadikan seperti apa pembangunan PKOR ke depan. Sehingga berbagai macam stakholder terkait memberikan dukungan untuk kemanfaatan PKOR.

“Jadi harus ada untuk pembagian ruang optimal bagi stakholerder untuk masterplan ini. Jadi ketika kita berbuat apa untuk PKOR itu di lihat berdasakan anggaran yang ada makanya disesuaikan oleh masterplan,” kata Indra, kepada Fajar Sumatera, via ponselnya, di Bandarlampung, Senin (27/3).

Indra menjelaskan, keinginan Pemprov sangat jelas ingin menata konsep. Apakah nanti mampu menggunakan anggaran murni atau bisa kerjasama oleh pihak swasta.
“Finansial itu kita lihat kebutuhan biaya berapa besar anggarannya. Kalau emang bisa dikerjakan swasta kenapa tidak sepanjang peraturan itu mendukung,” tukasnya.

Untuk itu, sebelum menentukan untuk menata PKOR. Maka pihaknya diskusi dengan semua kalangan. Agar lebih mengerucut mau dibuat seperti apa. “Yang jelas Pemprov terus menggenjot kinerja SKPD terkait percepatan rencana revitalisasi kawasan PKOR. Untuk itu saat ini kami terus menggenjot  terhadap rencana kerja dan kegiatan yang akan dilakukan di kawasan PKOR,” papar Indra.

Seperti diketahui, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sutono, mengatakan  bahwa revitalisasi PKOR akan dilakukan dengan menambah beberapa bangunan dan fasilitas olahraga. Seperti fasilitas jogging track, lapangan voli, penataan taman, penataan parkir serta penambahan anjungan Lampung dan fasilitas lainnya.

“Untuk bangunan-bangunan yang sudah ada, tidak ada perubahan. Tetapi nanti ada zona-zonanya, misalnya untuk olahraga tertentu, dan lain sebagainya”, jelasnya.

Ia menambahkan rencana revitalisasi tersebut sudah diawali dengan menertibkan para pedagang dikawasan PKOR. Sehingga saat ini kawasan tersebut lebih rapi dan tertib. 

“Meskipun masih ada beberapa pedagang di sekitar PKOR itu hanya kebijakan yang diberikan Pemerintah Provinsi Lampung sambil menunggu para pedagang mendapatkan lokasi baru. Kedepan dinas terkait sudah merencanakan melakukan sosialisasi agar pedagang lebih tertib dan tidak mengganggu akses jalan,” tambahnya.(ZN)

321 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Berita Terkait

Leave a Comment