Batik Karya Putra Tubaba Angkat Motif Icon Daerah

Model Batik Karya Putra Tubabar. (Foto Gati)

PANARAGAN – Batik menjadi salah satu dari produk unggulan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Tubaba yang saat ini sedang dioptimalkan pemasarannya. Salah satu promosi UMKM batik dan produk lainnya dari kabupaten Tubaba sedang dikembangkan dan telah mampu menembus pangsa pasar di kalangan masyarakat. Hal ini diungkapkan perajin Batik Fortuna Kencana TOP Kabupaten Tubaba Supriyadi, S.Sos, Sabtu(21/10).
Menurut dia, produk unggulan seperti batik yang memiliki keunikan motif yang beragam dan mengangkat ciri khas daerah telah mencapai pasar baik lokal maupun nasional.
“Kita memiliki batik asli Tubana yaitu batik fortuna kencana TOP yang merupakan hasil kreasi putra Tubaba, batik tersebut sangat pas dan cocok untuk seragam dan dipakai santai. Ini merupakan hasil karya Putra Tubaba dan harapan kami akan terus mengembangka dengan menggali motif Icon Tubaba,”ujarnya.
Motif tersebut menurut Supri yakni dengan megekspos hasil pembangunan di Tubaba seperti Tugu Rato dan motif  klasik Tubaba terus di kembangkan sebagai karya asli putra Tubaba,
“ujarnya.
Dikatakan, keunikan batik-batik Tubaba yang beragam motifnya memiliki daya saing tersendiri jika disandingkan dengan produk khas daerah lain. Apalagi, batik Tubaba mengedepankan corak kedaerahan.
Selain itu, Supriadi putra Tubaba mencoba mengembangkan batik Tubaba dengan harapan bisa diterima instnsi pemerintah seperti untuk seragam sekolh di seluruh sekolahan yang ada di bumi ragem sai mangi wawai ini.
“Kita harus bangga memiliki batik khas Tubaba. Ayo berkreasi untuk Indonesia dari¬† daerah,”ujarnya.
Meski demikian, diakuinya, untuk menembus pasar ekspor tidak mudah. Namun salah satu yang ia lakukan selaku pelaku usaha adalah dengan menguasai pemasaran dengan sistem “online” atau dalam jaringan.
Sementara itu menurut Santoso selaku penggemar batik karya putra Tubaba mengatakan, batik produk fortuna kencana dengan motif tugu rato serta icon lainnya, telah terbukti dengan berbagai kreasi telah memasarkan batik fortuna kencana ke berbagai daerah. Hal ini patut diacungi jempol. karena motif batik tersebut bisa melangitkan icon Tubaba, bisa lebih terkenal.
“Motif batik fortuna kencana sangat membantu melangitkan pembangunan daerah, karena dengan motif Tugu Rato misalnya, orang akan tahu bahwa di Tubab memiliki icon daerah yang sangat membanggakan. Kami bangga di Tubaba tepatnya di Tiyuh Marga Kencana kecamatan Tulang Bawang Udik, ada pengrajin batik, “pungkasnya (GS)

Batik Lampung Batik Putra Tubabar

Posting Terkait