Batik Lampung Menjelajah Dunia

Rahmat Taufik | Fajar Sumatera

BANDARLAMPUNG – Batik Siger, salah satu produksi batik khas Lampung, yang berada di Jalan Bayam No 38 Kemiling, Bandarlampung. Dipercaya menjadi salah satu industri batik khas lampung yang memumpuni.

Beragam motif khas Lampung pun banyak ditampilkan, diantaranya siger, gajah, kapal, durian, kopi dan masih banyak motif lainya.

Baca Juga:  Yustin Ridho Ficardo Ajak Masyarakat Budayakan Memakai Batik Lampung

Hingga saat ini Batik Siger sudah dikenal tidak hanya di Lampung , tetapi sampai ke luar negeri seperti Amerika, Singapura, Abu Dhabi dan Afrika.

Manajer Batik Siger Sapuan Bukowo menjelaskan, proses pembuatannya sendiri menggunakan sketsa atau gambar, setelahnya para pengrajin melanjutkan dengan proses membatik menggunakan lilin batik yang sudah dicairkan.

“Setelahnya dilakukan proses pewarnaan,” kata dia, Jumat (24/1).

Baca Juga:  Batik Karya Putra Tubaba Angkat Motif Icon Daerah

Uniknya, di batik siger sendiri menggunakan teknik kuas dalam hal pewarnaan, hal itu untuk mempermudah dan mempercepat proses pengerjaan batik.

“Setelah proses pewarnaan selesai dilanjutkan dengan penguncian warna menggunakan water glass. Cara penguncian warna ini dengan menyelupkan kain,” ungkapnya.

Kemudian kain ditiriskan dengan cara digantung dan didiamkan selama kurang lebih 2 jam agar proses penguncian warna sempurna.

Baca Juga:  Aprilani Yustin Ficardo Bantu Pengrajin Kembangkan Batik Lampung

Setelah itu baru direbus menggunakan air panasĀ  untuk menghilangkan lilinnya, dan dijemur kembali sampai benar-benar kering.

“Untuk harga batik siger berkisar mulai dari Rp250 ribu sampai dengan ratusan juta rupiah tergantung motif dan kerumitan desainnya,” jelasnya.(RT/SN)

Batik Lampung Batik Siger

Posting Terkait