Bawaslu Minta Bacaleg Tak Curi Jadwal Kampanye

(Ist)

BANDAR LAMPUNG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bandar Lampung  melayangkan surat ke pemkot untuk menurunkan alat peraga kampanye (APK) caleg maupun capres yang dipasang diluar jadwal pada Senin (27/8).

Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kota Bandar Lampung, Yahnu Wiguno menyampaikan bahwa, atribut kampanye milik calon legislatif dan capres sebenarnya sudah ditertibkan oleh jajaran Bawaslu dibantu oleh satpol PP kota Bandar Lampung. Namun belakangan ini, APK ini kembali menjamur di sudut kota Tapis Berseri.

Baca Juga:  DKPP Periksa KPU Kabupaten Pesisir Barat

“Sebenarnya dari tanggal  23-25 Juni 2018 kami sudah sempat menertibkan APK itu, bersamaan dengan APK  Pilkada. Tetapi belakangan ini kembali menjamur,”kata Yahnu, Senin (27/8).

Salah satu yang menjadi perhatian lembaga penyelenggara pemilu ini, yakni salah satu APK milik capres yang berlokasi di Jalan Zainal Abidin Pagar Alam atau  dekat kampus pacasarjana Universitas Bandar Lampung (UBL).

“Bawaslu Kota Bandarlampung hari ini melayangkan surat kepada Pemkot, Panwaslu Kecamatan, Partai Politik se-Kota Bandar Lampung atas perihal penertiban alat sosialisasi yang terpasang di Kota Bandarlampung sebelum tahapan kampanye dimulai,”ungkapnya.

Baca Juga:  Manuver Bacagub KPU-Bawaslu Melongo

Sebelumnya, Bawaslu juga mengingatkan bakal calon legislatif (bacaleg) beserta partai politik agar tidak mencuri start (Jadwal) kampanye sebelum masa kampanye dimulai. Sebab dari pengawasan mereka selama ini sudah banyak dijumpai sejumlah APK.

“Kami ingatkan kepada Bacaleg di Provinsi Lampung agar tidak mencuri start sebelum memasuki tahapan kampanye. Hal ini di beberapa wilayah sudah ada alat peraga kampanye beberapa Bacaleg memasang alat peraga yang berlogo parpol dan ada nomornya,” jelasnya.

Baca Juga:  Stiker Caleg PKB Lampung Masih Bertebaran di Kendaraan

Saat ini pun, Bawaslu kota Bandarlampung masih terus bergerak melakukan pengawasan terhadap seluruh APK yang dipasang diluar jadwal.

“Saat ini kami sedang melakukan pengawasan bersama-sama dengan Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan untuk mencermati alat sosialisasi Pemilu 2019 yang yang ada di Kota Bandar Lampung,” pungkas dia. (TM)

Bawaslu

Posting Terkait