Bawaslu Pesawaran Tertibkan APK yang Langgar Aturan

GEDONGTATAAN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesawaran bersama Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) di 11 kecamatan mencopot sejumlah alat peraga kampanye (APK), yang pemasangannya melanggar aturan, Rabu (28/11), penertiban tersebut dilakukan secara serentak.

Selain anggota Bawaslu, pencopotan juga melibatkan personel dari Satpol PP. Mereka menyisir sejumlah ruas jalan.

Di ruas jalan itu, Bawaslu mencopot sejumlah APK milik calon anggota legislatif (caleg) yang dipasang di pinggir jalan dan dipaku di pohon.

Baca Juga:  Panwaslu Tanggamus Turunkan APK Paslon Pilkada

Ketua Bawaslu Kabupaten Pesawaran Ryan Armando, mengatakan, pencopotan dilakukan terhadap APK yang pemasangannya melanggar Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017, tentang Pemasangan Alat Peraga Kampanye.

“Sesuai aturan-aturan tersebut, APK salah satunya dilarang dipasang di jalan protokol. Jadi kami lakukan penertiban yang dipasang di jalan protokol dan pohon-pohon,tiang listrik,” paparnya.

Dirinya juga mengatakan, pihaknya telah memberikan surat edaran kepada masing masing Parpol, agar mencopot setiap APK para caleg nya.

Baca Juga:  KPU Serahkan APK Ke Peserta Pemilu

“Kita sudah memberikan surat edaran pada Sabtu (24/11) kepada Parpol, dan memberikan waktu 3 hari sampai pada Selasa kemarin, dan sampai hari ini belum ada yang mencopot, maka dari itu kita ambil tindakan penertiban dengan bantuan kawan-kawan Panwas dan juga Satpol PP,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kecamatan Gedongtataan, Jono Maulana, mengatakan pencopotan APK tersebut dilakukan secara serentak di 11 Kecamatan.

Baca Juga:  Belum Bagikan APK, Kinerja KPU Pesawaran Dinilai Lambat

“Rencananya penertiban ini dilakukan hari ini saja. Langkah ini diambil untuk menciptakan pemilu yang damai, aman dan nyaman, sesuai yang kita deklarasikan beberapa waktu yang lalu,” jelasnya. (MH/PS)

APK Bawaslu Pesawaran

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan