Bawaslu Usut Juru Kampanye Mirip Wagub Lampung

Bawaslu Lampung Timur menelusuri sosok juru kampanye mirip Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim yang terindikasi mengajak warga untuk memilih pasangan nomor urut 3 Dawam Raharjo-Azwar Hadi/Istimewa

Fajar Sumatera – Bawaslu Lampung Timur menelusuri sosok juru kampanye mirip Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim yang terindikasi mengajak warga untuk memilih pasangan nomor urut 3 Dawam Raharjo-Azwar Hadi pada pilkada serentak di kabupaten ini.

Baca Juga:  Pemkab Lamtim Gelar Festival Begawi Adat Lampung 2017

Bila sangkaan ini benar, maka pejabat yang kerap disapa Nunik ini bakal terjerat aturan soal pelanggaran administrasi dan netralitas pejabat.

Mengingat yang bersangkutan melakukannya pada 19 November 2020, sementara pengajuan surat izin baru pada hari berikutnya. Yaitu, 20 November 2020.

Wasiyat Jarwo, Ketua KPU Lampung Timur, mengaku, belum pernah menerima pemberitahuan terkait masalah tersebut.

Baca Juga:  Selain Nunik, KPK Siap Bongkar Aliran Rp 85 M di Sidang Mustafa

“Tapi hari ini liason officer paslon nomor 3 mengirimkan surat izin cuti ke KPU dari Mendagri untuk melakukan kampanye di Lampung Timur. Hanya saja tanggalnya berbeda,” jelas Wasiyat Jarwo, Jumat (20/11).

Sedangkan pada ayat 2, pasal 63, PKPU nomor 11 tahun 2020 tentang Kampanye Pilkada, menyebutkan pengajuan izin minimal 3 hari sebelum pelaksanaan.

Baca Juga:  Nunik Lantik 217 Pejabat Administrator Pemprov Lampung

Sementara itu, Winarto, anggota Bawaslu Lampung Timur, mengatakan, terkait beredarnya video tersebut, pihaknya hanya menjadikan sebagai informasi awal.

“Secara aturan kami jadikan informasi awal. Jadi nanti kami melakukan penelusuran, apa yang terjadi sebenarnya dalam video itu, ada kegiatan apa, dan dimana lokasi tepatnya,” jelas Winarto, Jumat (20/11).

Selain itu, pihaknya juga bakal mendalami izin cuti dari Wagub Nunik, dengan berkoordinasi langsung dengan Bawaslu Provinsi Lampung.

 

Reporter : M. Yunus Kedum

Kampanye Lampung Timur Nunik Wagub Lampung

Posting Terkait