Bendung Gerak Jabung Lampung Timur Rampung Dibangun

Bendung Gerak Jabung/ Foto (Istimewa)

Sukadana,FS-Petani di Lampung Timur kini merasa. Pasalnya, irigasi Bendung Gerak di Jabung, Kabupaten Lampung Timur, sudah rampung. Bendungan itu diproyeksikan mampu mengairi lebih dari 5.000 hektare sawah.

Agustinus Supandriyo, Kepala Seksi Tata Teknis Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum Lampung Timur, kemarin, menjelaskan data yang diterima dari Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung bahwa Bendung Gerak Jabung yang berfungsi sebagai saluran irigasi dan ditargetkan dapat mendukung peningkatan produksi pertanian dan perikanan petani di Lampung Timur.

Dia menjelaskan, untuk pembangunan jaringan irigasi primer sepanjang 9 kilometer saat ini masih terus dikerjakan, dan ditargetkan akan selesai akhir tahun 2017. “Pembangunan irigrasi primer progresnya sudah 95 persen, sisanya 5 persen lagi diperkirakan selesai Desember tahun ini, ” ujar dia pula.

Sedangkan progres pembangunan jaringan irigasi sekunder sudah mencapai 10 persen, namun jaringan irigasi tersier belum dikerjakan.

“Jaringan tersiernya akan mulai dikerjakan tahun 2017 ini, dan jika sesuai rencana semuanya akan selesai pada 2019 dan bisa langsung digunakan,” kata dia.

Dia menjelaskan bendungan berbeda dengan bendung, yaitu bendungan terdapat tempat untuk menampung air dan pemanfaatannya beragam, sedangkan bendung hanya untuk menaikkan muka air yang mungkin dikarenakan permukaan air lebih rendah dari sawah. Namun keduanya sama-sama untuk pengairan sawah.

Sumber air Bendung Gerak Jabung berasal dari Sungai (Way) Sekampung. Selain untuk irigasi, Bendung Gerak ini juga berfungsi untuk perikanan, peningkatan pendapatan petani, dan lainnya.

Bendung ini nantinya akan mengairi sekitar 5.638 ha areal persawahan di daerah Rawa Sragi II dan III yang saat ini diairi dengan pompa portable.

Pembangunan Bendung Gerak Jabung dilaksanakan oleh PT Waskita Karya (Persero), PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Brantas Abipraya (Persero), dan PT Minarta Duta Hutama.(dbs)

443 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Berita Terkait

Leave a Comment