Berstatus KLB, Presiden Minta Menkes Lanjutkan Langkah Penanganan Difteri

Menteri Kesehatan Nila F Moeloek (ist)

Jakarta – Menteri Kesehatan Nila F Moeloek menyatakan penyakit difteri tergolong kejadian luar biasa (KLB) dan bukan mewabah. Menurut Nila, Presiden Joko Widodo meminta langkah-langkah yang selama ini dilakukan untuk dilanjutkan.

“Perintah Presiden sudah, artinya tetap kita lakukan penanganan langkah yang sudah dilakukan,” kata Nila, seperti dilansir dari detik.com seusai rapat di Istana Kepresidenan Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (27/12/2017).

Berita Sebelumnya:
Penyebarannya Sudah Mengkhawatirkan, Kemenkes Tetapkan Difteri Sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB)

Sebelumnya, Presiden Jokowi memimpin rapat tentang penanganan difteri di Istana Bogor tadi sore. Namun rapat berlangsung tertutup dan dilanjutkan dengan rapat mengenai dana abadi pendidikan.

Nila kemudian menegaskan tak ada cara untuk mencegah difteri selain vaksinasi. Upaya itu untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

“Satu, imunisasi kita meningkatkan kekebalan tubuh kita. Supaya kita kebal, dan akhirnya walaupun ada kumannya kita tidak akan terkena,” ujar Nila.

Dia tak memungkiri masih ada penolakan vaksinasi dari sejumlah pihak. Nila pun telah meminta bantuan kepada Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin untuk membantu mensosialisasi pentingnya vaksinasi.

“Jadi kalau sudah ada memang wabah, KLB seperti ini, mau nggak mau kita harus lakukan. Jadi tidak boleh ditolak,” ucapnya.

(net/hp)

603 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Langkah Penanganan Difteri

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan