Biaya Retribusi Labuhan Jukung Sesuai Aturan

ist

KRUI—Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Labuhan Jukung, Krui Pesisir Barat sempat mengeluhkan biaya retribusi yang dinilai kemahalan. Namun hal ini buru-buru ditepis oleh Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat yang menyebut besaran retribusi untuk karcis masuk sudah sesuai peraturan daerah (Perda).

Wakil Bupati Erlina menuturkan, sesuai Perda, tarif daerah kawasan wisata yaitu diantaranya Rp7.000 mobil besar atau bus, Rp5.000 mobil Pribadi, Rp3.000 motor, orang dewasa Rp3.000 dan anak–anak Rp2.000.

Menurut dia, penarikan retribusi kawasan wisata pantai Labuhan Jukung itu telah tertera dalam Peraturan Daerah, dan telah dijelaskan juga mengenai tatacara dan sistem penarikan retribusinya.

Penarikan retribusi kawasan wisata dilaksanakan oleh dinas terkait yang dalam hal ini adalah Dinas Pariwisata Kabupaten setempat. Dan untuk tahun ini Pemkab mencoba untuk menerapkan biaya melalui karcis bagi yang ingin memasuki daerah wisata pantai.

“Tujuan dari diselenggarakannya rapat ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyrakat terutama bagi wisatawan yang berkunjung ke pantai Labuhan Jukung bahwa penarikan retribusi memiliki dasar hukum dan jelas. Tidak semerta-merta memberikan tarif bagi pengunjung untuk memasuki kawasan wisata pantai,” jelas Erlina dalam rapat tentang retribusi wisata dan olahraga, di ruang Oprational Room  Sekretaris Daerah (OR-Sekda), Rabu (3/1).

Dengan diberlakukannya sistem retribusi daerah kawasan wisata pantai, maka dapat mendorong pembangunan Kabupaten Pesisir Barat melalui Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari daerah kawasan wisata pantai, dengan berlandaskan pada Peraturan Daerah (Perda) nomor 21 tahun 2016 Tentang Jasa Usaha yang termasuk didalamnya yaitu penarikan retribusi daerah kawasan wisata.

Melalui data dari Dinas Pariwisata setempat, diketahui bahwa PAD yang telah masuk dalam Kas daerah dari retribusi daerah wisata yaitu sebesar Rp10.800.000, pertanggal 1 Januari 2018.(*)

labuhan jukung

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan