Bidan Puskesmas Kota Dalom Minta Dana Persalinan Dicairkan

Bidan Puskesmas Kota Dalom Minta Dana Persalinan Dicairkan

Bidan Puskesmas Kota Dalom Minta Dana Persalinan Dicairkan.

PESAWARAN – BEBERAPA bidan yang bertugas di Puskesmas Desa Kota Dalom Kecamatan Way Lima Kabupaten Pesawaran, meminta hak mereka dari dana klaim jasa persalinan bidan pada peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang selama dua tahun ini tidak dikeluarkan oleh Kepala Puskesmas setempat.

Menurut salah satu bidan yang enggan disebutkan namanya, menjelaskan, selama dua tahun terakhir ini para bidan, tidak mendapatkan dana JKN tersebut.

“Kita kan selalu mengajukan kepada Dinas Kesehatan dan selalu keluar setiap bulannya namun oleh Kepala UPTD Puskesmas Kota dalom tidak diberikan kepada kami,” ungkapnya, Jumat (2/3/2018).

“Dengan alasan dana tersebut digunakan untuk meningkatkan akreditas Puskes di kota dalom, karena di tahun ini ada penilaian untuk peningkatan akreditas Puskes,” timpalnya.

Dirinya juga menjelaskan, setiap dana tersebut keluar, Kepala UPT Puskesmas tersebut, mengatakan memberikan sebagian uang tersebut untuk Inspektorat Kabupaten Pesawaran, dan anggota DPRD setempat.

“Dari pengakuan dia tersebut kami akhirnya mengadukan kepada sekertaris daerah (Sekda) Pesawaran, dan Alhamdulillah nya pengaduan kami ini telah diterima dan akan di tindak lanjuti,” jelasnya.

Sedangkan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran Harun Tri Joko, untuk saat ini kita kita masih berkoordinasi dengan stake holder lainnya, untuk mengumpulkannya data data di bawah dan penjelasan dari para bidan dan tenaga medis yang ada di Puskesmas Kota Dalom.

“Kita bergerak ini kan ada aturannya, tidak bisa asal melangkah saja, kita minta keterangan nya terlebih dahulu, intinya kami menerima laporan atau keluhan dari para tenaga medis disana,” tegasnya.

“Kalau untuk apa hukumannya saya belum berani berbicara, karena saat ini masih dalam tahap Puldata dahulu, lagian kita juga ada atasan, kita ingin mendengar apa saran yang diberikan oleh pak Bupati,” pungkasnya. (MH/PS)

Puskesmas Kota Dalom

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan