BKOW Bahas KDRT dan Narkoba

Ilustrasi. (Ist)

BANDARLAMPUNG– Badan Koordinasi Organisasi Wanita (BKOW) bersama Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Pesawaran menggelar Jambore Keluarga dalam rangka sosialisasi penyalahgunaan narkoba dan pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak di aula Pemkab Pesawaran, Selasa (9/5)

Ketua BKOW Provinsi Lampung, Kingkin Sutoto mengatakan organisasi wanita berkomitmen meningkatkan peran kaum hawa dalam mengatasi segenap permasalahan sosial yang  terjadi di tengah masyarakat. “Diantaranya, adalah penyalahgunaan narkoba yang menyasar generasi muda. Ditambah dengan pemberantasan KDRT,” kata Kingkin, Selasa (9/5)

Menurut Kingkin, wanita baik dalam kapasitas sebagai istri dan ibu harus berperan mengurangi peredaran dan penyalahgunaan narkoba. Di sisi lain, juga harus diedukasi dan mengedukasi sesamanya untuk memberantas KDRT, baik di lingkungan rumah tangga pribadi, maupun masyarakat.

Jambore BKOW mengggandeng perwakilan sejumlah organisasi lainnya sebagai narasumber. Diantaranya Rahmat Cahaya Aji dari Gerakan Nasional Anti Narkoba (Granat) dan Psikolog Tri Apriliani dari Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Anak (P2TPA). BKOW juga menggandeng praktisi kesehatan, Rosemerry dari Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Lampung dan Ferry Alba dari Paguyuban Wanita Mandiri.

“Dalam Jambore keluarga ini BKOW menyasar pengembangan di empat bidang yakni, KDRT, penegakan Hukum dan HAM, pendidikan dan kesejahteraan. Acara ini sendiri dihadiri oleh jajaran siswa putri setingkat SMA dan SMP di Pesawaran serta sejumlah perwakilan organisasi perempuan di tingkat kabupaten,” ujarnya.

Sementara, Sekretaris Daerah Kabupaten Pesawaran Kesuma Dewangsa mengatakan pihaknya menyambut baik penyelenggaraan kegiatan tersebut. Ke depan, Dia berharap organisasi wanita dapat terus menjalankan fungsi koordinasi dengan Pemda Pesawaran. “Peran organisasi wanita sangat penting. Terlebih, pemberdayaan perempuan merupakan salah satu bidang pembangunan yang menjadi prioritas pemkab Pesawaran,” katanya. (HL)

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan