Blekedes Kokokpetok

Ngupi Pai

Oleh Riko Firmansyah

Pemerintah selalu memiliki solusi untuk memecahkan masalah rakyatnya. Ada yang memang selesai tanpa menimbulkan masalah. Tetapi, ada juga yang menimbulkan masalah baru.

“Contohnya apa Minak?” Tanya Saleh.

KPK. Lembaga itu sejauh ini dinilai sukses menekan dan membuat jera para koruptor. Meski begitu tak menyurutkan niat para pencuri uang rakyat untuk mencari modus baru demi terbebas dari jeratan hukum.

Baca Juga:  Sekadar Numpang Tenar

“Contohnya apa Minak?” Tanya Saleh.

Mengurangi penggunaan ponsel dan medsos dalam merancang tindak kejahatan. Biasanya modus suap pejabat. Mereka lebih menyukai pertemuan langsung dengan minim saksi dan alat bukti.

“Contoh yang menimbulkan masalah baru apa, Minak?” Tanya Saleh.

Harga singkong anjlok. Pemerintah meminta para petani tak lagi menanamnya. Tetapi, permintaan itu tak disertai solusi. Karena  setiap jenis tanaman memiliki teknis pembudidayaan berbeda-beda. Beras misalnya, harus beririgasi baik.

Baca Juga:  Pemkot Bokek

“Contohnya apa lagi, Minak?” Tanya Saleh

Harga cabai mahal. Pemerintah meminta masyarakat untuk mengurangi konsuminya. Harusnya, dicarikan solusi agar daya beli tetap stabil sehingga berapapun harganya tetap terjangkau. Operasi pasar, misalnya.

Dan, yang kekinian adalah harga daging sapi terus merangkak naik pada Ramadan ini. Sepertinya kondisi itu terus memburuk menjelang hari raya Idul Fitri. Sejauh ini tak ada tindakan apapun dari pemerintah untuk mensikapinya.

Baca Juga:  Buaian Politikus

“Contohnya apa lagi, Minak?” Tanya Saleh.

“Kamu ini apa sih? Dari tadi, contohnya, contohnya. Bukan contohnya yang penting. Tapi solusi untuk kondisi yang blekedes kokokpetok itu apa? Hah!” Tandas Minak Tab, sambil melotot.

625 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Ngupi Pai

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan