BPN Sosialisasi Peraturan Pertanahan

GEDONGTATAAN – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (BPN) melaui Kantor Pertanahan Pesawaran terus melakukan sosialisasi peraturan pertanahan bersama Bidang Pertanahan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman pemkab setempat.

Kepala Kantor Pertanahan Pesawaran Nurus Sholichin mengatakankan antara Kementerian ATR/BPN dengan camat dan kepala desa serta peran aktif masyarakat, perlunya kerjasama yang baik, dalam mendukung pendaftaran tanah, untuk percepatan sertifikasi tanah dan pencegahan pencegahan sengketa, kinflik dan perkara pertanahan.

“Kami bersama Bidang Pertanahan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Pesawaran sudah dua kali menggelar sosialisasi peraturan pertanahan, yang pertama di Desa Kalirejo Negrikaton dan Kemarin di Desa Ponco Kresno Kecamatan Negerikaton,” ungkapnya, Rabu (11/7/2018).

Dia menjelaskan, Sosialisasi bersama Bidang Pertanahan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman pihak nya sebagai Narasumber tentang peraturan Pertanahan.

“Sosialisasi di Desa Ponco Kresno kemarin di ikuti beberapa desa, diantaranya Sidomulyo, Bangunsari, Roworejo, Negarasaka, Sinarbandung, Ulanganjaya dan Trisnomaju untuk bulan depan rencananya di Kecamatan Gedongtataan,” kata dia.

Dirinya memaparkan fungsi camat dan dalam pendaftaran tanah yaitu Selaku PPAT Sementara untuk Pembuatan Akta, Selaku Kepala Wilayah untuk Surat Pelepasan Hak dan Surat Keterangan Waris, sementara kepala desa selaku kepala daerah setempat, sebagai Saksi Surat Keterangan Waris, Surat Pernyataan Penguasaan Tanah (sporadik), Surat Keterangan Tanah Bekas Milik Adat dan sebagai saksi Surat Keterangan desa serta Selaku Panitia Pemeriksa Tanah.

“Sedangkan untuk masyarakat peran aktifnya sangat penting untuk memasang tanda batas tanah, menunjukkan batas bidang tanah saat pengukuran, menyerahkan bukti kepemilikan tanah/alas hak, memberikan keterangan yang sebenarnya tentang kepemilikan tanah dan Mengisi dan menandatangani form permohonan.

Terakhir Kepala Kantor Pertanahan Pesawaran menegaskan agar setiap desa yang ada untuk bersiap dan mendukung penuh Program Strategis Program Tanah Sistematis Lengkap.

“Dan saya menghimbau kepada warga yang mempunyai tanah, agar dapat menghubungi perangkat desa setempat untuk dibuatkan sertifikat tanah nya,” pungkasnya. (MH/PS)

840 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

BPN Sosialisasi Peraturan Pertanahan

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan