Budidaya Melon Untungkan Petani

Ilustrasi. (Ist)

KALIANDA—Budidaya melon ternyata sangat menjanjikan. Dalam tempo dua bulan, petani holtikultura jenis ini sudah bisa merasakan hasilnya.

Seperti yang dirasakan Bima (35), petani di Desa Sidoluhur, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Lampung Selatan.

Dia mengungkapkan, sudah tiga kali menanam melon. Setengah hektar luas yang ditanam dengan jumlah bibit sekitar 4500 batang, dirinya bisa memanen 8-10 ton hanya dalam 60 hari.

“Saya tertarik menanam melon karena umur tanaman ini hanya dua bulan sudah bisa dipanen. Disamping umurnya pendek, harga melon sudah standar, jadi kami bisa lebih tahu berapa keuntungan yang kami dapat,” kata Bima, Senin (11/9).

“Cuma sayang disini kendalanya hanya air, jadi kami sangat berharap, pemerintah pusat khususnya dari kementerian pertanian bisa membuatkan air bor untuk kebutuhan pertanian kami,” ujarnya.

Sementara Kaur bagian pembangunan Desa Sidoluhur, Wayan, membenarkan bahwa kendala utama para petani yang ada didesanya adalah air.

“Rata-rata para petani di sini, hanya mengandalkan curah hujan, karena daerah persawahan semuanya sawah tadah hujan. Jadi kami sangat berharap agar pertanian di desa kami bisa di bantu denga sumur bor,” tutupnya.(SP)

Budidaya melon

Posting Terkait