Buku Nikah Bakal Jadi Kartu

Ilustrasi buku nikah. (Ist)

BANDAR LAMPUNG – Rencana pemerintah merubah buku nikah menjadi kartu mendapat respon positif. Di antaranya datang Dari  Kantor Wilayah Kementerian Agama  Lampung, karena lebih praktis dan memudahkan proses administrasi bagi pemiliknya.

Kementerian Agama RI  akan mengubah tanda bukti orang menikah dari buku menjadi sebuah kartu layaknya seperti kartu tanda penduduk. Saat ini wacana tersebut masih dikaji.

Menanggapi wacana ini, kantor Wilayah Kementerian Agama perwakilan Lampung menyambut baik, dan mendorong program tersebut. Kepala Sub bagian informasi dan Humas Kanwil Kemenag Provinsi Lampung, Istutiningsih mengatakan bahwa program kartu nikah tersebut saat ini masih dibahas oleh Kementerian Agama RI.

Sejauh ini, pihaknya juga belum mendapatkan arahan dari pusat terkait program tersebut, apalagi saat ini petunjuk teknis masih dibahas oleh Kementerian Agama RI.

Perubahan Buku Nikah menjadi kartu nikah ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dan lebih praktis. Kartu Nikah juga menjadi prioritas karena Kementerian Agama menyatakan tahun 2020 Buku Nikah tidak lagi dipergunakan. (*)

Buku Nikah

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan