Bulan Depan Pemkab Tuba Gelar KBM Tatap Muka

MENGGALA,-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang Menetapkan 12 Juli dimulainya kegiatan Belajar tingkat  TK,SD Dan SMP se Tulangbawang dilaksanakan secara Tatap Muka.

Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekkab) Tulangbawang Ir Antoni mengatakan jika mulai 01 Juni ini daerah Tulangbawang akan mulai menerapkan sistem Normal kembali seperti semula terkait segala aktivitas di masyarakat.

Dimana menurut Antoni salah satu aktivitas yang paling di soroti untuk di lakukan proses Normal seperti sediakala yakni terkait kegiatan atau aktivitas belajar dan mengajar siswa siswi tingkat TK, SD dan SMP se Tulangbawang.

“Karena ini sudah waktunya untuk di normalkan kembali mengingat anak anak didik kita sudah waktunya untuk masuk sekolah bertatap muka secara langsung lagi seperti biasanya,”terangnya.

Kemudian Anthoni menerangkan terkait kegiatan tatap muka belajar dan mengajar tersebut nantinya akan mulai di berlakukan oleh Pemkab Tulangbawang mulai sejak tahun ajaran baru.

Tepatnya yakni Lanjut Antoni sejak tanggal 12 Juli 2021 ini sampai dengan seterusnya sesuai dengan hasil kesepakatan antara Pemkab Tulangbawang, Tim gugus tugas penanganan Virus Covid 19, tokoh adat, tokoh masyarakat tokoh agama DPRD serta pemangku kepentingan.

“Alhamdulillah semuanya sudah sepakat dan diputuskan bersama mulai 12 Juli mendatang semua anak anak sekolah sudah masuk sekolah seperti sediakala lagi dan belajar tatap muka langsung dengan para dewan Guru nya,”ucapnya.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Pendidikan Tulangbawang Ristu Irham menambahkan jika berkenaan dengan keputusan belajar dan mengajar secara tatap muka ditengah Pandemi Covid pihaknya sudah sangat siap melaksanakan kegiatan tersebut.

Mengingat Sambung Ristu sejak bulan lalu pihaknya sudah melakukan berbagai kesiapan mulai dari cek lapangan di seluruh sekolah,rapat dengan seluruh pihak sekolah.

“Karena ini kan bukan saja keputusan kita sendiri akan tetapi keputusan bersama empat Menteri,artinya kami di daerah wajib mempersiapkan berbagai skema agar KBM tatap Muka berjalan sesuai harapan kita semua “ujarnya.

Mengenai teknis di lapangan dalam mengimplementasikan keputusan tersebut Disdik nantinya akan menerapkan skema belajar continue.

Nantinya lanjut Ristu KBM Tatap Muka tidak belajar secara bersamaan namun akan dilaksanakan dua tahap belajar dalam sehari Zona Pagi dan Zona Siang.

“Jadi sebagian ada yang masuk di pagi hari dan ada yang masuk siang hari sehingga tidak terjadi kerumunan,dan kegiatan ekstra kurikuler (Eskul) kegiatan sejenisnya ditiadakan seluruh siswa-siswi wajib pulang kerumah usai KBM Tatap Muka,”urainya.

Ditambahkan Ristu,jika Dalam perjalanan KBM Tatap Muka didapatkan salah satu siswa terdeteksi korona maka sekolah tersebut untuk sementara dilakukan penutupan dari KBM Tatap Muka.

“Hanya untuk satu sekolah itu,berikut jika ada saudara yang bersangkutan sekolah ditempat lain maka sekolah saudaranya juga ditutup sampai selesai isolaai,dan untuk sekolah lainnya tetap melaksanakan KBM Tatap Muka,”ingatnya.

Untuk itu Ristu meminta kepada seluruh pihak agar bersama sama menerapkan sistem belajar dan mengajar tatap muka dengan memenuhi berbagai prosedur protokol kesehatan dan SOP yang telah ditentukan.

“Karena belajar dan mengajar tatap muka ini kan sudah dirindukan semua orang apalagi selama ini belajar Daring belum menampakan hasil signifikan bagi perkembangan pendidikan Insya Allah dengan di tetapkan KBM Tatap Muka,kedepan Kualitas dan Mutu Pendudikan dikabupaten Tulangbawang semakin baik,”pungkasnya.(Murni.Ac)

Posting Terkait