Bulog Antisipasi Gejolak Harga Beras Jelang Puasa

Operasi Pasar Bulog Tekan Harga Beras di Lampung

Beras Bulog. (net)

JAKARTA—Direktur Utama (Dirut) Bulog, Djarot Kusumayakti menuturkan, akan melakukan operasi pasar murah untuk mengatasi sekaligus menekan harga beras di pasar khususnya menjelang bergulirnya puasa. Hal ini termasuk dalam rangkaian intervensi pasar.

 

“Lebaran itu bicara puasa. Makanya kemarin ini kita mulai operasi pasar. Hal ini termasuk dalam rangkaian intervensi pasar. Jadi nanti memasuki puasa, saudara-sudara kita sudah bisa tenang,” tuturnya, Selasa (20/3).

Djarot menuturkan, skema atau alur penggelontoran beras ini akan dilakukan tiap hari sesuai rancangan dari Bulog.

“Timelinenya tidak mingguan kita gelontorkan. Tapi setiap hari. Ini 400 ribu ton ini bisa untuk puasa. Tapi nanti kita lihat kembali. Yang pasti menurut rancangan kami dengan angka itu kita pantau cukup. Kalau pun nanti bergeser nambah atau kurang, ya kita lihat. Karena hari ini katanya panen,” ujar dia.

Sebelumnya, Djarot menuturkan operasi pasar akan dilakukan untuk dua bulan ke depan dan juga untuk semua jenis kualitas beras yang ada, yakni menyesuaikan dengan pangsa konsumen di Indonesia.

“Kami akan melakukan operasi pasar murah untuk mengisi shortir yang ada. Sudah mulai kemarin. Kami akan lepas 400 ribu ton dalam 2 bulan ke depan dengan berbagai jenis kualitas beras. Orang Indonesia macam-macam konsumsinya, ada yang kualitas bawah, medium, dan juga premium. Ini dengan harga yang dibawah pasar atau Harga Eceran Tertinggi (HET),” tutur dia.

Diketahui, stok beras RI capai 600 ribu ton termasuk dengan beras impor di dalamnya hingga kini.

“Stok digudang hari ini hampir 600 ribu ton, kemudian masih akan ada masukan-masukan stok yang ada. 600 ribu ton ini sudah termasuk dengan yang impor,” ujar dia.(*)

121 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

bulog antisipasi puasa

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan