Bupati dan Wakil Kompak Hadiri Festival Ogoh Ogoh Lamtim 2017

Bupati Nunik ikut berjoget Tarian Ogoh Ogoh (Foto ist) 
Sukadana – (FS), Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim dan Wakil Bupati Zaiful Bukhori menghadiri Festival Ogoh-Ogoh Se-Kabupaten Lampung Timur, Jum’at (24/3/2017) di Desa Pringgondani Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur 2017.

Perayaan ogoh ogoh dalam tradisi Hindu Dharma melambangkan sebagai keinsyafan manusia akan kekuatan alam semesta dan waktu yang maha dasyat, juga merupakan rangkaian Perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka umat Hindu.

Dalam Festival Ogoh Ogoh 2017 kali ini diikuti oleh delapan sanggar, antara lain yaitu Bhayangkara dan Gita Prasetya Budaya dari Raman Utara, Cemara Mekar dan Gita Nusantara dari Sukadana, Sekar Jagat dari Marga Tiga, Krama Loka dari Sekampung Udik, Abdi Budaya dari Waway Karya dan Kecamatan Way Jepara menurunkan sanggar Gong 2000.

Gusti Ketut Putra Yasa selaku Ketua Panitia Festival mengatakan seiring waktu terus berjalan, tidak pernah berhenti. Bagi ogoh ogoh itu sangat identik dengan filosofi kalau kita tidak bisa menghargai waktu maka kita akan dihancurkan oleh waktu itu,” terangnya.

“Ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Timur yang telah memberikan support, dan dorongan moril sehingga umat beragama pada kesempatan ini dapat melaksanakan kerukunan umat beragama, menghargai kebhinekaan, aman, nyaman dan dapat bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur,” tambahnya.

Pembukaan Festival Ogoh Ogoh Kabupaten Lampung Timur 2017 dibuka oleh Chusnunia dengan ditandai pemukulan gong sebanyak empat kali. Setelah itu Bupati Chusnunia memberi sambutan ia menyampaikan bahwa ogoh ogoh kalau dimasukkan dalam festival 2018, ini semakin yakin Lampung Timur adalah mininya Indonesia.

“Masukkan festival ogoh ogoh di dalam Kalender Even Pariwisata 2018, kita dukung bersama. Kalau perlu, dari akhir tahun posternya sudah kita buat, dan kita kampanyekan dari akhir tahun. Jadi, orang Lampung secara umum, tidak perlu pergi jauh jauh kalau mau merasakan beragamnya Indonesia, datang ke Lampung Timur,”ungkapnya. (RA)

491 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Berita Terkait

Leave a Comment