Bupati Lantik 2 Kakam

BLAMBANGANUMPU-Bupati Waykanan Raden Adipati Surya melantik dua penjabat (Pj) kepala kampung  (Kakam) di Balai Desa, Bumirejo, Kecamatan Baradatu, Rabu (22/11). Pj kakam yang dilantik itu Jupri (Kampung Bumirejo) dan Agus Salim (Sukosari).

“Berinovasilah sehingga segala bentuk pembangunan lebih terlihat lagi kemajuannya serta memotivasi dan membimbing kader-kader muda guna membangun kampung secara bersama-sama,” pinta bupati.

Kalau ingin daerah dan kampung ini maju maka sudah saatnya tidak lagi hanya duduk diam menunggu karena kalau malas berarti akan tertinggal dan tertindas oleh kemajuan zaman.

Semua masyarakat kampung diajak untuk membangun dan memajukan kampungnya, sebagaimana telah diamanatkan dalam UU No. 6/2014 tentang Desa.

Baca Juga:  Samsul Hadi Sosialisasi KLA

Antara lain mengatur tentang Kedudukan dan Jenis Desa, Penataan Desa, Kewenangan Desa, Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Hak dan Kewajiban Desa dan Masyarakat Desa, Keuangan Desa dan Aset Desa, serta Pembangunan Desa dan Pembangunan Kawasan Perdesaan.

Undang-undang tersebut telah menjamin bagi kampung untuk dapat berkembang dan mengembangkan otonomi kampung, muara dari semua itu adalah agar mampu menyelenggarakan rumah tangganya sendiri, memperkuat kedudukan Pemerintah Kampung.

Sehingga makin mampu menggerakan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan serta mampu menjalankan administrasi kampung dengan baik dan efektif.

Baca Juga:  Samsul Hadi Resmi Bupati

Ditenekankan kepada aparatur kampung untuk bekerja dan melaksanakan tugas dengan bersungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab sesuai dengan fungsi dan tugas masing-masing berdasarkan peraturan yang berlaku.

Pemerintahan Kampung, Kepala Kampung, dan BPK merupakan mitra, untuk itu harus membangun komunikasi yang harmonis, sekaligus bersinergi dengan tetap dan terus melakukan koordinasi maupun konsultasi serta bekerja sama dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan serta pembinaan kemasyarakatan di kampung.

Pelaksanaan Alokasi Dana Desa/Kampung (ADD/ADK) agar dapat mengikuti dan menjalankan seluruh prosedur serta mekanisme pengelolaan keuangan ADD/ADK.

Baca Juga:  Waykanan Akan Adakan Kerjasama Pertanian Dengan Korsel

Sehingga pelaksanaannya dapat lebih efektif, transparan dalam penggunaan keuangan, serta pengelolaannya dapat dipertanggung jawabkan secara baik dan benar sesuai ketentuan peraturan yang berlaku.

“Saya minta agar saudara Pj yang baru di lantik hari ini, bisa menggalakkan upaya pemberdayaan seluruh komponen yang ada di Kampung baik kelembagaan kemasyarakatan maupun warga masyarakat kampung secara keseluruhan, sehingga akan mendorong terwujudnya kemandirian kampung baik dari aspek sosial maupun aspek ekonomi dalam kerangka membantu Pemerintah Kabupaten Way Kanan mewujudkan Visi Way Kanan dan Maju Berdaya Saing 2021”, tutupnya.(DN)

2 Bupati Kakam Lantik Waykanan

Posting Terkait