Bupati Pesisir Barat Sambut Mahasiswa KKN IPB

PESISIR BARAT – Bupati Pesisir Barat menyambut kedatangan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata ( KKN) IPB, di Kabupaten Pesisir Barat tahun  2018. Penyambutan Mahasiswa  KKN Institut Pertanian Bogor (IPB) tersebut bertempat diruang rapat bupati pada kamis (12/7).

Acara yang dihadiri wakil Bupati Pesisir Barat, Satker OPD Pesisir Barat, Rektor Institut Pertanian Bogor, dosen pembimbing, camat dan para peratin Se-kecamatan bengkunat, Se-Kecamatan ngaras dan para mahasiswa peserta KKN Tematik IPB tahun 2018.

Dalam Sambutannya, Agus Istiqlal Selaku Bupati  menyampaikan  Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat saya mengucapkan selamat datang, dan terima kasih atas kepercayaan bapak rektor institut pertanian bogor yang menempatkan para mahasiswa untuk mengabdi kepada masyarakat di 2 (dua) Kecamatan di Kabupaten Pesisir Barat sebagai tempat kuliah kerja nyata tematik ipb tahun 2018.

Baca Juga:  Ratusan Mahasiswa IPB Kunjungi Mesuji

“saya merasa gembira karena dengan adanya kuliah kerja nyata ini akan membantu menunjang pembangunan dalam berbagai sektor di Kecamatan Ngaras dan Bengkunat,”. Ucapnya.

Oleh  karena  itu  pada  kesempatan  ini  saya berharap kepada para mahasiswa IPB yang akan melaksanakan kuliah kerja nyata, dapat melakukan identifikasi masalah yang ada dalam masyarakat terutama yang berada di Pekon Pemerihan, Sumber Rejo, Pagar Bukit, Negeri Ratu Ngaras, Kota Batu dan Mulang Maya yang merupakan tempat pelaksanaan Kkn IPB tahun 2018.

Lanjutnya, Keberadaan para mahasiswa di pelosok pekon tentu kita harapkan menjadi pendorong untuk mempercepat proses pembangunan yang dilaksanakan oleh masyarakat pekon. selain itu, diharapkan pula para mahasiswa juga dapat membantu  mengatasi permasalahan  yang  ada di masyarakat. Salah satunya dengan melakukan pemberdayaan potensi masyarakat pekon setempat menuju peningkatan  kesejahteraan yang lebih baik.

Baca Juga:  Ratusan Mahasiswa IPB Kunjungi Mesuji

Diharapkan pula Para Mahasiswa peserta KKN dapat lebih meningkatkan kepedulian dan empati kepada permasalahan yang dihadapi masyarakat. sehingga mendorong terjadinya perubahan perilaku mahasiswa sebagai pelaku perubahan  (agent  of  change) dalam  proses perubahan masyarakat untuk menjadi lebih baik.

Selain itu, mahasiswa sebagai agen pembaharuan  harus  mampu  memposisikan dan  menyesuaikan diri  dengan  masyarakat  selama mengikuti KKN. Karena mahasiswa dapat berperan sebagai pemberi informasi, motivator, penghubung  antar  sistem  atau  fasilitator.  Peran ini tidak mudah, karena permasalahan  di  masyarakat  sangat  kompleks  dan  beragam  sebagai dampak perkembangan Ilmu pengetahuan dan Teknologi (iptek).

Selanjutnya, mahasiswa kkn yang saya cintai dan saya banggakan sebagai kaum  intelektual dan   pembaharu, mahasiswa harus memperkaya diri   dengan berbagai pengetahuan dan meningkatkan kualitas,  sehingga  dapat  memberikan  kontribusi  pemikiran bagi suksesnya pelaksanaan pembangunan.

Baca Juga:  Ratusan Mahasiswa IPB Kunjungi Mesuji

Dengan konteks ini, diharapkan  berbagai program dan kegiatan yang  dilaksanakan  perguruan  tinggi  melalui  kuliah kerja nyata  (kkn) dapat diorientasikan pada penyiapan mahasiswa sebagai sarjana pendamping  masyarakat  dan  upaya  pemberdayaan masyarakat desa melalui implementasi tri dharma perguruan tinggi yakni pendidikan, penelitian dan  pengabdian kepada masyarakat.

Agus Istiqlal juga Berpesan kepada para camat dan peratin, “saya titip agar adik-adik mahasiswa ini dibantu kelancaran pelaksanaan program-program kerjannya, koordinasikan dengan uspika dan tokoh-tokoh masyarakat setempat. pastikan bahwa dukungan masyarakat dan pemerintah kepada mahasiswa dapat diberikan secara optimal,” Tutupnya. (Agus)

122 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Mahasiswa IPB

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan