Bupati Tanggamus Serahkan Bantuan bagi Korban Longsor

TANGGAMUS – Bupati Tanggamus Dewi Handajani bersama Kapolres Tanggamus AKBP I Made Rasma, meninjau Jalan Lintas Barat (Jalinbar) Pekon Sedayu, Kecamatan Semaka yang tertimbun longsor, Sabtu (1/12).

Selain meninjau, Bupati juga memberikan bantuan logistik dan uang tunai bagi Iwan (55), warga pekon Sedayu yang rumahnya tertimbun longsor.

Menurut Bupati Dewi, bencana longsor sudah merupakan kehendak yang maha kuasa, untuk itu harus lapang dada dalam menghadapi bencana yang terjadi.

“Untuk itu masyarakat yang tinggal didaerah rawan bencana harus mawas diri. Namanya bencana alam tentu tidak dapat diprediksi, tapi kami selalu siap siaga jika terjadi bencana dan masyarakat sementara waktu juga harus mengungsi ketempat aman, khususnya didaerah tebing, sebab musim hujan masih terjadi dan tanah juga masih labil,” kata Dewi.

Kemudian Bupati juga mengatakan bahwa sembilan kecamatan sudah ditetapkan statusnya menjadi tanggap darurat.

“Saya sudah tandatangani pernyataan tanggap darurat untuk sembilan kecamatan yakni, Kecamatan Pematangsawa, Semaka, Bandarnegerisemuong, Wonosobo, Kotaagung Barat, Cukuhbalak, Limau, Kelumbayan Barat dan Kelumbayan,” ujar bupati yang ditemui saat meninjau Jalinbar Pekon Sedayu, Sabtu (1/12).

Dewi menambahkan, bahwa masyarakat yang tinggal di dekat tebing Jalinbar Sedayu sudah diungsikan ke tempat yang lebih aman.

“Tanahnya masih labil dan hujan masih terjadi, jadi sementara warga diungsikan ketempat yang lebih aman,” katanya.

Ia juga mengatakan, Pemkab melalui dinas kesehatan sudah mendirikan 17 posko kesehatan yang tersebar di sembilan kecamatan yang telah ditetapkan tanggap darurat.

“Selain itu juga armada puskesmas keliling (Pusling) standby 24 jam di puskesmas terdekat, kami juga sudah menyalurkan 60 paket bantuan bagi warga yang terdampak bencana,” ujar Lubis saapan akrabnya. (SB/CD)

Longsor Tanggamus

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan