Canangkan Program Gubernur Menuju Lampung Maju dan Sejahtera, PKPPSDA Jaring Kebutuhan Masyarakat 

BANDARLAMPUNG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung, melalui Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pengelolaan Sumber Daya Air (PKPPSDA) telah melakukan banyak program pembangunan infrastruktur di tahun 2017, guna menuju Lampung Maju dan Sejahtera, seperti yang dicanangkan Gubernur M Ridho Ficardo.

“Dalam pemberdayaan serta kemajuan pembangunan yang dilakukan pemprov, diharapkan dapat menjaring pembangunan yang benar-benar menjawab kebutuhan masyarakat Lampung,” jelas Kepala Dinas PKPPSDA, Rabu (27/12).

Edarwan mengatakan, ada beberapa pembangunan infrastruktur yang kita lakukan di anggaran murni tahun 2017 salah satunya pengaman pantai Klara Kabupaten pesawaran sebesar Rp2 milyar, Elephant park Saburai Enggal Bandar Lampung sebesar Rp10 milyar, pembangunan rumah susun dari pemerintah pusat dan pembangunan irigasi kali pasir Kabupaten Lampung Tengah sebesar Rp10 milyar serta lainnya.

Selain daripada itu, beberapa hal penting lainnya, Dinas PKPPSDA Provinsi Lampung juga telah menyusun dan menetapkan Renstra 2018-2019 yang merupakan pelengkap serta bagian tidak terpisahkan dari Renstra Dinas Pengairan dan Pemukiman Provinsi Lampung Tahun 2015-2019 dengan mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Lampung.

Selanjutnya Renstra Dinas PKPPSDA yang telah ditetapkan harus menjadi pedoman, arah pelaksanaan program dan kegiatan pada Dinas PKPPSDA Provinsi Lampung agar menjadi lebih terarah, efektif, dan efisien.

Edarwan, menegaskan, penyusunan Renstra Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Lampung Tahun 2018-2019 dimaksudkan sebagai arah dan pedoman perencanaan dalam penyelenggaraan pembangunan bidang Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pengelolaan Sumber Daya Air di Provinsi Lampung sesuai Peraturan Daerah Organisasi Perangkat Daerah.

Sehingga, pelaksanaan pembangunan urusan terkait bisa dilaksanakan secara terpadu, sinergis, harmonis, berkesinambungan dan responsive terhadap kebutuhan masyarakat serta kondisi daerah.

Renstra ini disusun sebagai Revisi dan Suplemen dari Renstra sebelumnya yaitu Renstra Dinas Pengairan dan Pemukiman Provinsi Lampung Tahun 2015-2019, untuk menjabarkan Visi dan Misi Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pengelolaan Sumber Daya Airke dalam tujuan dan sasaran pembangunan tahun 2018-2019.

Selain itu, menetapkan berbagai program dan kegiatan prioritas yang disertai dengan indikasi pagu anggaran dan target indikator kinerja yang akan menjadi pedoman dalam pelaksanaan pada tahun 2018-2019.

Renstra tahun 2018-2019 dan RPJM Daerah Provinsi Lampung Tahun 20152019 untuk selanjutnya menjadi acuan dalam penyesuaian Kebijakan dan Anggaran (KUA), Prioritas dan Plafon Anggaran (PPA) pada setiap tahun anggaran dalam Periodeisasi 2015-2019 serta mempunyai fungsi pokok sebagai acuan dalam penyusunan Rencana Strategis SKPD Kabupaten/Kota untuk urusan yang sama.(*/ZN)

Edarwan

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan