Cara Jitu Merawat Motor Klasik Agar Tetap Menarik

Motor klasik. Foto: Istimewa.

Bandar Lampung – Perkembangan dunia motor makin modern dan canggih dan banyak pilihan motor baru untuk dapat kita miliki.

Tapi berbeda dengan motor tua atau motor antik, makin kesini makin banyak peminat dan penghobinya, baik dari kalangan tua yang muda pun tidak mau kalah untuk memilikinya.

Bahkan ada pula yang rela meng-custom motor baru miliknya diubah tampilannya menjadi motor tua.

Dan bagi yang memang sudah menjadi penghobi ataupun kolektor motor tua ada baiknya merawat dengan baik motor motor koleksinya agar makin menarik dan enak dipandang mata tapi tidak cukup sampai di situ yang pasti nyaman dikendarai juga.

Bagi anda pecinta motor klasik tentunya anda ingin agar motor anda terlihat menarik dari hari ke hari bukan?

Bagaimana sih caranya merawat motor klasik agar terlihat semakin mempesona? Nah Berikut caranya…

1. Membersihkan Bodi Motor

Banyak cara yang dapat sobat lakukan dalam pemeliharaan cat motor. Diantaranya selalu bersihkan bodi motor dengan cairan pembersih khusus untuk body motor seperti Kit Bodi Motor.

Anda dapat menggunakan spon atau lap halus dalam membersihkan body motor. Hal yang perlu anda perhatikan gunakan lap yang berbeda di saat anda mencuci atau mengelap body motor untuk menghindari goresan halus apabila adanya pasir yang masih menempel.

Baca Juga:  Tips dan Saran Memilih Ban Motor yang Berkualitas

Untuk mengeringkan setelah mencuci motor anda dapat mengeringkan body motor dengan menggunakan kanebo atau lap chamois yang dapat menyerap air lebih baik.

Jangan lupa setelah mencuci body motor anda juga perlu melakukan perawatan lainnya yaitu pemolesan cat body motor yang dapat anda lakukan dengan menggunakan berbagai produk contohnya Turfle Wax Metallic.

Setelah anda memoles seluruh body motor diamkan sejenak sekitar setengah menit kemudian lap hingga bersih dengan gerakan memutar. Dengan langkah ini anda sudah menjaga agar warna cat body motor anda tidak cepat pudar dan tetap cemerlang.

2. Merawat Ban Motor

Ban merupakan salah satu komponen motor yang terkadang lupa untuk kita perhatikan kondisinya. Ban yang terlihat kusam tentunya dapat mengurangi keindahan dari tampilan motor klasik anda. Bagi anda sobat jangan lupa melakukan perawatan terhadap ban motor anda.

Selain dapat memoles ban anda secara rutin contohnya dengan menggunakan Kit Black Magic Tire Gel yang dapat mengembalikan kecerahan warna dari karet ban anda.

Baca Juga:  Tips dan Saran Memilih Ban Motor yang Berkualitas

Selain itu anda perlu memerhatikan noda-noda yang terkadang menempel di bagian roda motor anda. Cukup mudah untuk menghilangkan noda tersebut, anda hanya memerlukan solar lalu menyeka noda tersebut.

3. Parkir Motor ditempat teduh ( garasi )

Mungkin sebagian sobat melupakan hal yang terkesan sepele ini. Hal ini dapat mengurangi estetika keindahan dari motor klasik anda. Pudarnya warna cat motor dapat terjadi akibat terlalu sering diparkir di bawah terik matahari.

Sebaiknya anda memarkir motor anda dibagian yang agak tertutup dengan pepohonan agar motor anda tidak terkena paparan panas dari sinar matahari langsung. Hal ini akan lebih menjaga keindahan warna cat dari motor klasik anda.

4. Hindari Karat

Mencegah memang lebih baik dari mengobati begitu kata pepatah lama yang telah kita kenal di Indonesia ini. Hal ini juga berlaku pada motor klasik anda jaga lah dari karat yang dapat menggerogoti bagian-bagian motor anda.

Cara yang perlu anda perhatikan adalah selalu cuci motor anda apabila melewati medan yang terkena banyak lumpur ataupuun air. Misalnya anda sehabis bepergian dalam kondisi hari hujan lebat.

Baca Juga:  Tips dan Saran Memilih Ban Motor yang Berkualitas

Mencari titik-titik karat yang mungkin ada pada kendaraan anda untuk segera di bersihkan. Karena pada umumnya motor klasik jauh lebih mudah terkena karat daripada motor baru.

Anda dapat mengecek pada bagian-bagian motor seperti as roda, suspensi, swing arm, gear dan rantai motor. Jangan lupa untuk mengecek bagian motor tersebut secara berkala.

5 Menggunakan Onderdil Asli

Motor klasik merupakan sebuah motor tua yang memang memiliki ketelatenan dalam merawatnya. Bila anda pecinta motor klasik anda harus memperhatikan dalam pemeliharaan spare part motor. Hal ini tentunya akan berdampak kepada menarik tidaknya motor klasik tersebut.

Anda harus menggunakan spare part asli karena telah terjamin kualitasnya walaupun untuk mendapatkan spare part tersebut agak sulit.

Harga dari spare part asli juga agak sedikit lebih mahal daripada spare part KW. Tetapi ketahanan dari spar part asli memang tahan jauh lebih lama dibanding dengan memakai yang KW atau palsu.

Bagi anda sobat yang mengalami kesulitan dalam menemukan spare part asli tersebut anda dapat memesan langsung kepada agen-agen pemegang merk.

Kontributor Fajar Sumatera: Ade Setiawan

Motor klasik Otomotif

Posting Terkait