Cara Sederhana untuk Cegah Hipertensi

Foto: Ilustrasi. (Ist)

Jakarta – Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah suatu keadaan di mana tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 90 mmHg.

Ada dua jenis faktor yang menyebabkan hipertensi. Yaitu faktor yang dapat dimodifikasi dan yang tidak dapat dimodifikasi. Faktor yang dapat dimodifikasi dalam hal ini seperti kegemukan (obesitas), merokok, kurangnya aktivitas fisik, konsumsi garam berlebih, dislipidemia, konsumsi alkohol, psikososial dan stres.

Sedangkan faktor yang tidak dapat dimodifikasi dalam hal ini mencakup umur, jenis kelamin, serta bawaan genetik atau riwayat keluarga.

Bagi pengidap hipertensi, tekanan darah bisa dikontrol dengan pola hidup yang sehat, seperti:

  1. Makan bergizi seimbang dan batasi asupan gula, garam, dan lemak
  2. Mempertahankan berat badan dan lingkar pinggang ideal
  3. Olahraga secara teratur
  4. Stop merokok
  5. Batasi konsumsi alkohol (bagi yang mengonsumsi)

“Batasi penggunaan gula, garam, dan lemak. Penggunaan gula usahakan tidak lebih dari 4 sendok makan perhari, penggunaan garam tidak lebih dari 1 sendok teh per hari dan jangan lebih dari 5 sendok makan minyak perhari”, ujar dr Cut Putri Ananie, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, saat ditemui di Kementerian Kesehatan RI, Salemba, Jakarta Pusat, Rabu (16/5/2018).

Hipertensi ini bisa menyebabkan beberapa komplikasi, seperti penyakit jantung, stroke, penyakit ginjal, kerusakan pada retina, penyakit pembuluh darah tepi, ganguan saraf, dan gangguan pada otak.

Namun hipertensi bisa dicegah dengan cek kesehatan secara rutin, jauhkan asap rokok, rajin melakukan aktivitas fisik, diet seimbang, istirahat cukup, dan kelola stres. (net/hp)

 

Sumber: detikHealth

333 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Hipertensi

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan